Detail Cantuman Kembali
KEZIA EUNIKE GIDION - Personal Name

HUBUNGAN POLA KONSUMSI, PERSONAL HIGYENE DAN PERAWATAN BALITA DENGAN KEJADIAN STUNTINGPADA BALITA USIA 1-5 TAHUN DI POSYANDU DESA APUNG KABUPATEN BULUNGAN TAHUN 2015

Hubungan Pola Konsumsi, Personal Higyene dan Perawatan Balita Dengan Kejadian Stunting Pada Balita Usia 1-5 Tahun Di Posyandu Desa Apung Kabupaten Bulungan Tahun 2015, Pembimbing: 1. Ratih Wirapuspita, SKM.,M.PH, : Pembimbing 2. Drs. Ismail AB, M.Kes.

ABSTRAK
Hubungan Pola Konsumsi, Personal Higyene dan Perawatan Balita Dengan Kejadian Stunting Pada Balita Usia 1-5 Tahun Di Posyandu Desa Apung Kabupaten Bulungan Tahun 2015, Pembimbing 1.Ratih Wirapuspita, SKM.,M.PH, : Pembimbing 2, Drs. Ismail AB, M.Kes.
Stunting merupakan keadaan kurang gizi menurut indek tinggi badan menurut umur (TB/U) yang banyak terjadi pada anak balita terutama dinegara-negara berkembang.Dan dari data penimbangan balita di posyandu perpuskesmas 2013 dapat diketahui bahwa di wilayah kerja puskesmas bumi rahayu terdapat 294 balita pengunjung Posyandu dan diketahui status balita stunting lebih tinggi dibandingkan dengan wilayah kerja Puskesmas yang lain yaitu sebesar 10,40% (40) balita stunting (Dinas Kesehatan Kab. Bulungan 2013). Tujuan dari penelitian ini yaitu Mengetahui hubungan pola konsumsi, personal higyene dan perawatan balita dengan kejadian kependekan pada balita usia 1-5 tahun di wilayah Puskesmas Bumi Rahayu Desa Apung Kabupaten Bulungan tahun 2015.
Dengan desain penelitian Case Control dengan menggunakan pendekatan Retrospektif yaitu mengkaji keadaan pendek yang diidentifikasi pada saat ini dihubungkan dengan faktor-faktor yang mengakibatkan kependekan atau terjadinya di masa lalu.(Notoatmodjo, 2005).
Hasil penelitian menunjukan adaHubungan Pola Konsumsi dengan kejadian stunting (ρ value 0,000), ada hubungan personal hygiene dengan kejadian stunting (ρ value 0,000), dan ada hubungan antara perawatan balita dengan kejadian stunting (ρ value 0,006).
Orang tua harus selalu menjaga dan memperhatikan kebersihan diri, kebersihan sarana dan prasaranan dan kebersihan makanan yang akan diberikan pada balita, sehingga balita dan makanan mereka tidak terkontaminasi bakteri ataupun kuman yang dapat menyebabkan penyakit pada balita.Diharapkan para petugas kesehatan dapat meningkatkan lagi tentang pengetahuan hidup bersih dan sehat terhadap masyarakat setempat.
Kata Kunci : Pola Konsumsi, Personal Hygiene, Perawatan Balita, Stunting
Kepustakaan : 28 (1997-2015)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN POLA KONSUMSI, PERSONAL HIGYENE DAN PERAWATAN BALITA DENGAN KEJADIAN STUNTINGPADA BALITA USIA 1-5 TAHUN DI POSYANDU DESA APUNG KABUPATEN BULUNGAN TAHUN 2015
Pengarang KEZIA EUNIKE GIDION - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua