Detail Cantuman Kembali
NURLAILA RAHMADHANI - Personal Name

STUDI TENTANG PERANAN OSIS DALAM PENERAPAN NILAI – NILAI PANCASILA DI SMP NEGERI 31 SAMARINDA TAHUN 2015/2016

ABSTRAK


Nurlaila Rahmadhani, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, 2009. Peranan OSIS Dalam Penerapan Nilai-nilai Pancasila Di SMP Negeri 31 Samarinda, dibawah bimbingan Bapak Dr. H. M. Bahzar, M.Si dan Bapak Drs. Demsy B. Salindeho, M.Si.

Tujuan penelitian adalah untuk mendeskripsikan Peranan OSIS Dalam Penerapan Nilai-nilai Pancasila Di SMP Negeri 31 Samarinda.

Metode penelitian ini menggunakan deskriptif kualitatif dengan teknik análisis data adalah reduksi data, penyajian data dan verifikasi data. Sumber data yang digunakan yaitu data primer dan data sekunder. Sedangkan teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi lapangan, wawancara, dan dokumentasi. Kemudian fokus penelitian adalah Studi mengenai peranan OSIS dalam peberapan nilai-nilai pancasila di SMP Negeri 31 Samarinda dengan tiga indikator, Yaitu mengetahui nilai pancasila, cara menerapkan nilai pancasila dalam organisasi, dan pelaksanaan nilai pancasila dalam organisasi.

Berdasarkan hasil penelitian diperoleh, anggota OSIS cukup memahami inti nilai-nilai Pancasila seperti, menjalankan kegiatan-kegiatan yang ada di dalam organisasi dan selalu mengutamakan musyawarah dalam mengambil setiap keputusan serta bersikap adil kepada siapapun. Ini membuktikan sebagian kecil dari peran OSIS dalam penerapan nilai-nilai pancasila di sekolah. Mengingat pentingnya pemahaman nilai-nilai Pancasila dalam organisasi dan lingkungan sekolah, agar dengan kesadaran ber-Pancasila, pengurus OSIS bisa mengamalkan inti dari nilai-nilai Pancasila di kehidupan sehari-hari.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STUDI TENTANG PERANAN OSIS DALAM PENERAPAN NILAI – NILAI PANCASILA DI SMP NEGERI 31 SAMARINDA TAHUN 2015/2016
Pengarang NURLAILA RAHMADHANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua