KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN SUNGAI KUNJANG TAHUN AJARAN 2013/2014
ABSTRAK
Sarah Septie Yusliyamin, 2016. Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika di Kelas V SD Gugus I Kecamatan Sungai Kunjang Tahun Ajaran 2013/2014. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Mulawarman Pembimbing: (I) Drs. Muh. Ugiarto,M.Si (II) Drs. Kukuh,M.Pd. Jenis penelitian bersifat kuantitatif, dengan tujuan untuk mengetahui kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika pada materi pokok di kelas V SD Gugus I Kecamatan Sungai Kunjang tahun ajaran 2013/2014.
Pelaksanaan penelitian pada Oktober-Nopember 2013. Subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Gugus I Kecamatan Sungai Kunjang tahun ajaran 2013/2014, terdiri dari kelas V SDN 016 sebanyak 38 Siswa, Kelas V SDN 018 sebanyak 24 siswa, SDN 001 sebanyak 33 siswa, dan kelas SDN 025 sebanyak 26 siswa, banyak keseluruhan 121 siswa. Sedangkan objek dalam penelitian ini adalah Kemampuan Siswa dalam Menyelesaikan Soal Cerita Matematika pada Materi Pokok Bilangan Bulat, FPB dan KPK, Waktu, Trapesium, Layang-Layang, Volume Kubus, dan Volume Balok.
Teknik pengumpulan data menggunakan tes tertulis dengan 10 butir soal bentuk uraian. Analisis data menggunakan teknik analisis deskriptif, yaitu menentukan skor masing-masing siswa, menentukan tingkat kemampuan masing-masing siswa,menentukan tingkat kemampuan masing-masing siswa secara menyeluruh,menentukan tingkat kemampuan masing-masing siswa pada setiap butir soal.
Hasil penelitian menunjukan bahwa secara keseluruhan terdapat 28 siswa atau hanya 23,15 % di kategorikan mampu dari presentase siswa seluruhnya yaitu sebanyak 121 siswa, sedangkan sisanya sebanyak 93 siswa atau sebesar 76,85 % yang mengikuti tes dikategorikan tidak mampu dengan nilai rata-rata 39,6 dengan rincian 20 siswa atau 16,5 % berkemampuan baik sekali, 3 siswa atau 2,5 % berkemampuan baik, 5 siswa atau 4,1 % berkemampuan cukup, 11 siswa atau 9,1 % berkemampuan kurang, dan 82 siswa atau 67,8 % berkemampuan sangat kurang.
Berdasarkan hasil penelitian, maka dapat ditarik kesimpulan bahwa kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal cerita matematika di Kelas V Gugus I Kecamatan Sungai Kunjang tergolong kurang mampu.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL CERITA MATEMATIKA DI KELAS V SD GUGUS I KECAMATAN SUNGAI KUNJANG TAHUN AJARAN 2013/2014 |
---|---|
Pengarang | SARAH SEPTIE YUSLIYAMIN - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2016 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY