Detail Cantuman Kembali
MAIDA APRIYANTI - Personal Name

PENGARUH pH TERHADAP AKTIVITAS ISOLAT BAKTERI DARI SEDIMEN KOLAM PASCA TAMBANG DALAM MEREDUKSI SULFAT PADA TANAH MASAM

ABSTRAK

Maida Apriyanti, 2017. Pengaruh pH terhadap aktifitas isolat bakteri sedimen kolam pasca tambang batubara dalam mereduksi sulfat pada tanah masam, dibimbing oleh Eko Kusumawati dan Sudrajat.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh pH media terhadap aktifitas bakteri isolat bakteri dari sedimen kolam pasca tambang batubara pada tanah masam dalam mereduksi sulfat dan menaikkan pH serta pH optimum yang efektif untuk pertumbuhan bakteri tersebut. Percobaan ini dilakukan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdiri atas delapan variasi perlakuan isolat yakni enam isolat murni, satu kontrol dan satu konsorsium yang ditumbuhkan pada tiga konsentrasi pH berbeda yaitu 2, 4 dan 6 dengan masing-masing 3 replikasi. Setiap isolat bakteri diinkubasikan dalam media postgate B dengan pH berbeda yaitu 2, 4 dan 6 dalam tabung volume 12 ml. Pengukuran pH dan konsentrasi sulfat dilakukan awal dan setelah 20 hari perlakuan. Reduksi sulfat terbaik pada masing-masing pH yaitu pada pH 2 Desulfobacter sp., pada pH 4 Desulfobulbus sp. dan pH 6 Desulfotomaculum sp., pH medium yang efektif untuk aktifitas bakteri pereduksi sulfat dalam mereduksi sulfat pada tanah masam adalah pH 4 dengan nilai rata-rata reduksi sulfat 197,981 mg/l.

Kata Kunci: Isolat Bakteri Sedimen Kolam Pasca Tambang, Aktivitas Reduksi Sulfat dan pH Media Tanah Masam

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH pH TERHADAP AKTIVITAS ISOLAT BAKTERI DARI SEDIMEN KOLAM PASCA TAMBANG DALAM MEREDUKSI SULFAT PADA TANAH MASAM
Pengarang MAIDA APRIYANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua