Detail Cantuman Kembali
FATHUL RIZKIANSYAH - Personal Name

HUBUNGAN KEHAMILAN POST-TERM TERHADAP MORBIDITAS & MORTALITAS NEONATUS PADA 24 JAM PERTAMA SETELAH PERSALINAN DI RSUD A.W. SJAHRANIE PERIODE TAHUN 2013

Latar Belakang: Terdapat risiko tinggi dari komplikasi perinatal dan obstetrik dalam kehamilan post-term termasuk peningkatan rasio kematian perinatal dan lahir mati. Dalam kenyataannya kehamilan post-term mempunyai pengaruh terhadap perkembangan janin sampai kematian janin. Di Indonesia angka kejadian kehamilan lewat waktu sekitar 10%.
Tujuan: Penelitian ini betujuan untuk mengetahui hubungan kehamilan post-term terhadap kejadian asfiksia, bayi lahir besar (makrosomia), aspirasi mekonium, dan mortalitas neonatus pada 24 jam pertama setelah lahir.
Metode: Desain penelitian ini adalah analitik observasional dengan pendekatan cross sectional. Sampel penelitian diambil dari 92 rekam medik pasien di RSUD Abdul Wahab Sjahranie Samarinda selama tahun 2013, dengan menggunakan pengambilan sampel secara purposive dan dilakukan simple random sampling setelahnya. Variabel penelitian meliputi variabel bebas yaitu kehamilan Post-Term dan variabel terikat berupa kejadian asfiksia, Makrosomia, aspirasi mekonium, dan mortalitas neonatus.
Hasil: Hasil dari analisis menunjukkan bahwa Kejadian asfiksia (p = 0,090), Bayi Makrosomia (p = 0,181), dan mortalitas neonatus (p = 0,308) tidak memiliki hubungan terhadap Ibu dengan kehamilan Post-term.
Kesimpulan: Tidak ada hubungan yang bermakna antara kehamilan post-term terhadap kejadian asfiksia, bayi makrosomia, dan mortalitas dari neonatus.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN KEHAMILAN POST-TERM TERHADAP MORBIDITAS & MORTALITAS NEONATUS PADA 24 JAM PERTAMA SETELAH PERSALINAN DI RSUD A.W. SJAHRANIE PERIODE TAHUN 2013
Pengarang FATHUL RIZKIANSYAH - Personal Name
No. Panggil SKRIPSI FAT h 2016
Subyek Kehamilan Post-term
Asfiksia, mortalitas neonatus
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan Kedokteran
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua