Detail Cantuman Kembali
NISA LAILY ROCHMA - Personal Name

Analisis Kandungan Rhodamin B, Asam Borat Dan Formalin Pada Bumbu Giling Di Pasar Tradisional Kota Samarinda Tahun 2016

ABSTRAK
NISA LAILY ROCHMA
“Analisis Kandungan Rhodamin B, Asam Borat dan Formalin pada Bumbu Giling Di Pasar Tradisional Kota Samarinda Tahun 2016” (Dra. Hj. Sitti Badrah, M.Kes sebagai Pembimbing 1, Andi Anwar, SKM., M.Kes sebagai Pembimbing 2)
Rhodamin B, Asam Borat dan Formalin merupakan zat pewarna sintetis dan zat pengawet berbahaya yang tidak diizinkan penggunaanya dalam campuran bahan makanan. Rhodamin B biasa digunakan sebagai pewarna tekstil, Asam Borat di dunia industri digunakan sebagai pengawet kayu, dan
Formalin dalam dunia medis digunakan untuk mengawetkan mayat. Penggunaan Rhodamin B, Asam Borat dan Formalin memiliki pengaruh terhadap warna dan kualitas bumbu giling serta daya tarik pada konsumen.
Penelitian ini untuk mengetahui kandungan Rhodamin B, Asam Borat dan Formalin pada bumbu giling yang dijual di Pasar Tradisional Kota Samarinda. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif analitik, dengan uji laboatorium untuk melihat kandungan Rhodamin B digunakan Uji Kromatografi Kertas, kandungan Asam Borat digunakan Uji Nyala dan kandungan Formalin digunakan Uji Destilasi dengan pereaksi Asam Kromatopat. Dari hasil pemeriksaan menunjukkan bahwa, 3 sampel positif mengandung Rhodamin B, 5 sampel positif mengandung Formalin dan tidak ada satupun sampel yang positif mengandung Asam Borat dari 20 sampel bumbu giling yang diperiksa.
Berdasarkan hasil pemeriksaan diatas, hal ini menunjukkan masih adanya angka pemakaian zat pewarna sintetis Rhodamin B dan zat pengawet berbahaya Formalin yang digunakan sebagai campuran bumbu giling yang dijual di Pasar Tradisional Kota Samarinda.

Kata Kunci : Rhodamin B, Asam Borat, Formalin, Bumbu Giling
Kepustakaan : 51 (1961 - 2015)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Kandungan Rhodamin B, Asam Borat Dan Formalin Pada Bumbu Giling Di Pasar Tradisional Kota Samarinda Tahun 2016
Pengarang NISA LAILY ROCHMA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua