Detail Cantuman Kembali

JENIS IKAN DI SUNGAI SUHUI, KECAMATAN MUARA ANCALONG, KABUPATEN KUTAI TIMUR, KALIMANTAN TIMUR

ABSTRAK

Yusuf Galih Ganang Santoso. Fakultas Matematika dan Ilmu Pengetahuan Alam Universitas Mulawarman. 2015. Jenis ikan di Sungai Suhui, Kecamatan Muara Ancalong, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur. Dibimbing oleh Rudy Agung Nugroho, M.Si., Ph.D dan Dr. Nova Hariani, M.Si.
Penelitian telah dilaksanakan pada bulan Juni sampai Agustus 2015, bertempat di Sungai Suhui Kecamatan Muara Ancalong, Kabupaten Kutai Timur. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan metode cluster random sampling pada 3 stasiun, yang berada di sepanjang Sungai Suhui, identifikasi jenis ikan yang didapat dilakukan di laboratorium Fisiologi, Perkembangan dan Molekuler Hewan. Jurusan Biologi FMIPA, Universitas Mulawarman, Samarinda.
Hasil penelitian menunjukkan terdapat 264 individu ikan yang tergolong, dalam 7 ordo, 12 famili, 28 genus dan 32 spesies. Jenis ikan di Sungai Suhui didominasi oleh spesies Osteochilus spilopleura yang sangat melimpah di tiga stasiun pengamatan dan beberapa jenis ikan yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat di sekitaran Sungai Suhui yaitu ikan parang (Macrochirichthys macrochirus), ikan jelawat (Leptobarbus hoevenii), ikan puyau (Osteochilus spilopleura), ikan puyau putih (Osteochilus vittatus), ikan lais kecil (Ompok hypophthalmus), ikan lais panjang (Kryptopterus apogon), ikan lepok (Ompok bimaculatus), lais bunte (Kryptopterus lais), ikan patin keramba (Pangasius hypophthalmus), ikan papuyu (Anabas testudineus) dan ikan haruan (Channa striata) dan ikan yang memiliki nilai ekonomis yang tinggi untuk dijual adalah ikan lais panjang (Kryptopterus apogon), ikan lepok (Ompok bimaculatus), lais bunte (Kryptopterus lais), ikan patin keramba (Pangasius hypophthalmus) dan ikan papuyu (Anabas testudineus).

Kata kunci: Identifikasi ikan, keanekaragaman ikan, konservasi, Sungai Suhui.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul JENIS IKAN DI SUNGAI SUHUI, KECAMATAN MUARA ANCALONG, KABUPATEN KUTAI TIMUR, KALIMANTAN TIMUR
Pengarang YUSUF GALIH GANANG SANTOSO - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua