Detail Cantuman Kembali
ANNISA PURNAMASARI - Personal Name

ANALISA KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN RUANG PARKIR KENDARAAN RODA EMPAT DI MAL MESRA INDAH SAMARINDA

ABSTRAK

Perkembangan jumlah kendaraan bermotor di Indonesia khususnya roda empat setiap tahunnya meningkat. Hal ini membuat fasilitas parkir sangat dibutuhkan. Mal Mesra Indah adalah salah satu pusat perbelanjaan pertama yang sampai saat ini masih ramai dikunjungi karena terletak di daerah pusat perekonomian Kota Samarinda. Kondisi ini membuat fasilitas parkir di Mal Mesra Indah menjadi sangat penting. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui karakteristik dan kebutuhan ruang parkir roda empat yang diperlukan Mal Mesra Indah saat ini.
Metode yang digunakan untuk penelitian ini adalah survei langsung di lapangan untuk data primer yaitu dengan cara mencatat plat nomor kendaraan roda empat di pintu masuk dan pintu keluar. Pengambilan data dilakukan selama tujuh hari dengan durasi waktu 14 jam setiap harinya. Selain itu dibutuhkan data sekunder dari pihak pengelola mal untuk medukung pengolahan data penelitian.
Berdasarkan hasil analisa karakteristik yang telah dilakukan, diperoleh nilai akumulasi kendaraan parkir tertinggi sebesar 111 kendaraan pada suatu interval waktu (≤ 111 SRP). Persentase penggunaan ruang parkir di Mal Mesra Indah masih mampu melayani permintaan parkir walaupun indeks parkir tertinggi mencapai 100 %. Hal ini menunjukan kapasitas parkir penuh. Jika terdapat penambahan kendaraan pada saat yang bersamaan, maka diperlukan penambahan ruang parkir karena aktivitas kendaraan melebihi ruang parkir yang tersedia. Hal ini dapat dilakukan dengan mengkonversi sebagian lahan parkir yang sebelumnya dialokasikan
untuk kendaraan roda dua menjadi lahan parkir kendaraan roda empat.
Kata kunci : Karakteristik Parkir, Ruang Parkir, Kendaraan Roda Empat, Mal Mesra Indah

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISA KARAKTERISTIK DAN KEBUTUHAN RUANG PARKIR KENDARAAN RODA EMPAT DI MAL MESRA INDAH SAMARINDA
Pengarang ANNISA PURNAMASARI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua