Detail Cantuman Kembali
Amiruddin Ueng - Personal Name

PENGELOLAAN HUTAN PENELITIAN DAN PENDIDIKAN UNMUL TAMAN HUTAN RAYA BUKIT SOEHARTO PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

INTISARI

Amiruddin Ueng, Pengelolaan Hutan Penelitian dan Pendidikan Universitas Mulawarman Taman Hutan Raya Bukit Soeharto Provinsi Kalimantan Timur (Dibawah Bimbingan H. M. Sumaryono dan Ali Suhardiman).

Dalam rangka menunjang pengelolaan Kawasan Hutan Dengan Tujuan Khusus (KHDTK) Hutan Penelitian dan Pendidikan Bukit Soeharto (HPPBS) Unmul maka secara khusus perlu adanya pengembangan dan penataan kawasan disesuaikan dengan potensi kawasan dengan mempertimbangkan kondisi tutupan lahan, topografi atau kelerengan dan pola aliran sungai.

Tujuan yang ingin dicapai dalam penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi/potensi tegakan hutan dan berbagai tutupan lahan yang ada di kawasan KHDTK HPPBS Unmul, mengevaluasi tata hutan/blok KHDTK HPPBS Unmul yang telah dibuat pengelola sebelumnya, merekomendasikan blok-blok kawasanyang lebih faktual dan menyesuaikan dengan kondisi terkini dan mengidentifikasi permasalahan-permasalahan yang dihadapi pengelola KHDTK HPPBS Unmul di lapangan.

Penelitian ini mengaplikasikan pemanfaatan data keruangan yang terkini dengan teknologi Sistem Informasi Geografis untuk menampilkan data informasi tentang pemanfaatan ruang yang sesuai dengan peruntukannya sebagai dasar penataan blok untuk pengelolaan KHDTK HPPBS Unmul.

Berdasarkan hasil penelitian diketahui bahwa KHDTK HPPBS Unmul Bukit Soeharto memiliki keanekaragaman flora dan fauna bervariasi dan jenis yang penting berdasarkan nilai biogeografi karena memilki flora endemik yang statusnya terancam punah yaitu jenis Ulin (Eusideroxylon zwageri). Selain masalah Kebakaran hutan/lahan yang rutin juga adanya tekanan terhadap kawasan hutan berupa pembukaan lahan, pemanfaatan kawasan hutan menjadi ladang dan penebangan liar. Disamping itu Manajemen Pengelolaan yang belum maksimal dan kurangnya perhatian pemerintahterhadap konflik padakawasanini merupakan ancaman bagi kelestarian baik fungsi ekologis maupun keberadaan ekosistemnya.

Kata Kunci: Tahura Bukit Soeharto, KHDTK HPPBS Unmul, Rencana Pengelolaan, Penataan Blok Kawasan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGELOLAAN HUTAN PENELITIAN DAN PENDIDIKAN UNMUL TAMAN HUTAN RAYA BUKIT SOEHARTO PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Pengarang Amiruddin Ueng - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit S2 Ilmu Kehutanan
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua