Detail Cantuman Kembali
SANDI J - Personal Name

PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI SMA NEGERI 2 SENDAWAR

ABSTRAK

Sandi J, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman. Pengaruh Lingkungan Kerja Fisik dan Motivasi Terhadap Kepuasan Kerja Pegawai SMA Negeri 2 Sendawar. Dibawah bimbingan Bapak Dr. Djumadi, M.Si sebagai Pembimbing I dan Bapak Dr. Anwar Alaydrus,MM sebagai Pembimbing II.

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui berapa besar pengaruh lingkungan kerjafisik dan motivasi terhadap kepuasan kerja pegawai pada SMA Negeri 2 Sendawar. Teknik pengumpulan data dengan melakukan, studi lapangan yaitu melakukan pengumpulan data melalui kegiatan observasi dan pengamatan secara langsung pada objek penelitian, serta menyebarkan kuisioner untuk mendapatkan informasi yang lebih jelas sesuai yang dibutuhkan dalam penelitian. Analisis data yang digunakan adalah analisis data kuantitatif.

Hasil perhitungan uji t antara variabel lingkungan kerja fisik dan kepuasan kerja diperoleh nilai t hitung > t tabel atau 2,480 > 2,023 dan Sig. 0,018 < 0,05. Artinya variabel lingkungan kerja fisik secara parsial atau sendiri-sendiri berpengaruh terhadap variabel kepuasan kerja. Dan hasil perhitungan uji t antara variabel motivasi dan kepuasan kerja diperoleh nilai t hitung > t tabel atau 3,144 > 2,023 dan Sig. 0,018 < 0,05. Artinya variabel motivasi secara parsial atau sendiri-sendiri berpengaruh terhadap variabel kepuasan kerja. Berdasarkan perhitungan uji F maka nilai F hitung adalah 15,769 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 < 0,05 . Hal ini berarti F hitung > F tabel atau 15,769 > 3,238 dan Sig. 0,000 < 0,05. Artinya variabel lingkungan kerja fisik dan motivasi secara bersama-sama berpengaruh terhadap variabel kepuasan kerja pegawai SMANegeri 2 Sendawar. Berdasarkan pengamatan dilapangan dan data yang diperoleh, yaitu dari profil Sekolah SMA Negeri 2 Sendawar dan didukung hasil perhitungan dari jawaban responden yang telah dianalisis diperoleh nilai tertinggi yaitu pada variabel lingkungan kerjafisik sebesar 14,48, disusul variabel motivasi sebesar 14,06. Berdasarkan data tersebut dan hasil dari angka memberikan arti bahwa variabel lingkungan kerja fisik merupakan variabel yang dominan berpengaruh terhadap kepuasan kerja pegawai SMA Negeri 2 Sendawar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH LINGKUNGAN KERJA FISIK DAN MOTIVASI TERHADAP KEPUASAN KERJA PEGAWAI SMA NEGERI 2 SENDAWAR
Pengarang SANDI J - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua