Detail Cantuman Kembali

Implementasi Peraturan Daerah Kota Samarinda No 1 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Dan Pengusahaan Sarang Burung Walet Kota Samarinda

Abstrak


Gusti Muhammad Azwar Iman, Implementasi Peraturan Daerah Kota Samarinda Nomor
1 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan dan Pengusahaan Sarang Burung Walet Kota Samarinda di bawah bimbingan Ivan Zairani Lisi, SH.,S.Sos.,M.Hum selaku pembimbing utama dan Insan Tajali Nur, SH.,MH selaku pembimbing pendamping.

Penelitian ini dilatar belakangi banyaknya bangunan usaha sarang burung walet yang ada di Kota Samarinda. Setelah melakukan pra penelitian di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPPTSP) Kota Samarinda bahwa para pengusaha sarang burung walet belum ada yang mendaftarkan izin pengelolaan dan pengusahaan sarang burung walet. Padahal peraturan yang mengatur tentang pengelolaan dan pengusahaan sarang burung walet ini sudah ada namun tidak berjalan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui bagaimana pengawasan pemerintah terhadap pelaku usaha sarang burung walet yang tidak memilki izin pengelolaan dan pengusahaan sarang burung walet, serta mengetahui bagaimana penerapan sanksi terhadap pelaku usaha sarang burung walet yang tidak memiliki izin pengelolaan dan pengusahaan sarang burung walet. Adapun metode penulisan yang penulis gunakan adalah Jenis penelitian yang digunakan adalah empiris dengan menggunakan pendekatan lapangan, perundang-undangan. Yang lokasi penelitiannya dilakukan di sekitar Kota Samarinda, Kalimantan Timur. Serta analisis data yang dilakukan dengan cara kualitatif dengan melakukan pengamatan, wawancara dan penelahaan dokumen.

Hasil yang penulis peroleh ialah dalam pelaksanaan peraturan daerah tersebut yaitu pemerintah sebagai pelaksana peraturan tersebut tidak maksimal melakukan pelaksanaan peraturan daerah tersebut sehingga pendapatan asli daerah kota samarinda dari retribusi pengelolaan dan pengusahaan sarang burung walet tidak ada sama sekali. Pengawasan dan penerapan sanksi pun tidak berjalan, sehingga pelaku usaha sarang burung walet tidak ada itikad baik untuk mendaftarkan usahanya tersebut di Badan Pelayanan Perizinan Terpadu Satu Pintu (BPPTSP) Kota Samarinda.



Kata Kunci : Implementasi, Sarang Burung Walet dan Perizinan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Implementasi Peraturan Daerah Kota Samarinda No 1 Tahun 2012 Tentang Pengelolaan Dan Pengusahaan Sarang Burung Walet Kota Samarinda
Pengarang GUSTI MUHAMMAD AZWAR IMAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua