Detail Cantuman Kembali
JODDY PURWOKO - Personal Name

CEMENT TREATED BASE DENGAN MENGGUNAKANA GREGAT KARANGAN

ABSTRAK
Di Kalimantan Timur, khususnya di daerah Kutai Timurterdapat potensi sumber daya alam yang berupa batu gunung. Batu gunung di daerah ini dapat dimanfaatkan sebagai bahan campuran perkerasan jalan.
Penelitian pada agregat Karangan dilakukan dengan pendekatan sesuai panduan PUSLITBANGtentang lapis pondasi agregat semen. Dengan pengujian sifat fisik agregat, dan pengujian sifat mekanis agregat.Penelitian ini akan difokuskan untuk mengkaji kelayakan penggunaan agregat dari Kutai Timur, Kalimantan Timur, sebagai bahan penyusunlapis pondasi atas pada perkerasan lentur. Standar utama pada pengerjaan lapis pondasi atas adalah nilai minimal CBR sebesar 50%. Percobaan CBR yang digunakan adalah CBR rendaman dengan variasi tumbukan 25 dan 56 tumbukan. Nilai maksimal CBR pada masing-masing kadar semen, adalah 4% sebesar 102,44%, 5%sebesar 106,77%, dan 6% sebesar 109,65%. Hal ini menunjukan bahwa agregat Karangan memenuhi kualifikasi.
Pada pengujian kuat tekan bebas, dibuat sampel sebanyak 3 buah setiap kadar semen. Agregat Karangan memiliki kuat tekan bebas rata-rata pada kadar 4% sebesar 48,28 kg/cm2, pada kadar5% sebesar 63,44kg/cm2, pada kadar 6% sebesar 76,58kg/cm2 .Hal ini menunjukan bahwa agregat Karangan dengan kadar semen tersebut belum mencapai target untuk kuat tekan bebas / Unconfined Compression Testdengan nilai sebesar 100
Kg/cm2.
Kata Kunci : California Bearing Ratio,Cement Treated Base, Kuat Tekan Bebas,

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul CEMENT TREATED BASE DENGAN MENGGUNAKANA GREGAT KARANGAN
Pengarang JODDY PURWOKO - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua