Detail Cantuman Kembali
AULIA RAHMAN JUMRANI - Personal Name

PENGOLAHAN SAMPAH DOMESTIK MENJADI KOMPOS DENGAN MENGGUNAKAN METODE WINDROW SISTEM, TAKAKURA DAN ROTARY DRUM

ABSTRAK
Sampah merupakan permasalahan serius. Penanganan sampah yang tidak dikelola dengan baik akan menimbulkan masalah bagi masyarakat, system pengelolaan persampahan yang diterapkan pada umumnya masih menggunakan paradigma lama yaitu kumpul-angkut-buang. Pada kenyataannya, paradigma lama ini memberikan dampak negatif karena sampah tidak dikelola dan tidak ada upaya pengurangan timbulan sampah. Oleh karena itu perlu dilakukan penelitian yang bertujuan untuk mengetahui seberapa besar pengaruh metode windrow sistem, takakura dan rotary drum tersebut dilihat dari suhu, pH, rasio C/N, karbon, nitrogen, fosfor, kalium dan mengetahui kualitas kompos yang dihasilkan dari metode windrow sistem, takakura dan rotary drum.
Objek kegiatan ini adalah sampah organik berupa nasi, dedaunan dan sayuran di lingkungan Perumahan Unmul Samarinda. Penelitian ini menggunakan sampah organic berupa nasi, dedaunan dan sayuran di lingkungan Perumahan Unmul yang kemudian diolah menjadi kompos dengan 3 metode windrow sistem, takakuradan rotary drum.
Proses pembuatan kompos ada beberapa tahap yaitu persiapan bahan baku, pencacahan,pencampuran, dan pengamatan.
Metode windrow sistem, takakura dan rotary drumberpengaruh terhadap lamanya waktu pematangan kompos yang dapat terlihat pada hasil akhir penelitian ini, dimana ciri-ciri kompos yang matang jika diraba suhu tumpukan bahan yang dikomposkan sudah dingin mendekati suhu ruang, tidak mengeluarkan bau busuk lagi, bentuk fisiknya sudah menyerupai tanah yang berwarna kehitaman, jika dilarutkan kedalam air kompos yang sudah matang tidak akan larut dan strukturnya remah, tidak menggumpal.
Sedangkan pengamatan ciri-ciri kimia kompos dapat dilihat pada komposter B (metode takakura) pada hari ke 21 sudah terlihat matang dengan nilai pH 6; suhu 35 0 C; kelembaban 2.2;karbon (C) 19.45%; nitrogen (N) 1.45%; fosfor (P) 0.54; kalium (K) 0.21%; rasio C/N 13.41,sementara pada komposter A (metode windrow sistem) dan komposter C (metoderotary drum) hingga akhir penelitian masih belum memenuhi nilai standar baku mutu.
Kata Kunci:Kompos,Rotary Drum,SistemWindrow,Takakura

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGOLAHAN SAMPAH DOMESTIK MENJADI KOMPOS DENGAN MENGGUNAKAN METODE WINDROW SISTEM, TAKAKURA DAN ROTARY DRUM
Pengarang AULIA RAHMAN JUMRANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua