Detail Cantuman Kembali
ANDI MOH YUSUF - Personal Name

TINJAUAN KUAT TEKAN PADA BETON YANG MENGGUNAKAN PASIR PANTAI DAN AIR LAUT SEBAGAI BAHAN CAMPUR PEMBUATAN BETON

ABSTRAK
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan pasir pantai dan air lautpada bahan campuran pembuatan beton untuk uji kuat tekan.
Material yang digunakan adalah agregat kasar Ex. Palu, agregathalus Pasir Pantai Kemala (Balikpapan), air lautdan semen type I (Tiga Roda). Benda uji berbentuk kubus dengan sisi 15 cm x 15 cm x 15 cm, dengan perbandingan komposisi berat aktual beton sebesar: 1,43semen : 0,86 air laut:6 koral Ex.Palu : 1,8 Pasir Pantai Kemala (Balikpapan). Proses perawatan dan perlakuan pada benda uji, untuk usia 3, 7, 14 dan 28 hari perawatan menggunakan air tawar, sedangkan untuk umur benda uji 60 dan 90 hari mempunyai 2 (dua ) jenis perlakuan yaitu dengan perendaman menggunakan air laut dan perlakuan tidak terlindung dari hujan dan terik matahari langsung.
Pada penelitian ini pengaruh pasir pantai kemala (balikpapan) sebagai agregat halus dan air laut pada bahan campuran pembuatan betonumur 3, 7, 14, 28, 60 dan 90 hari kuat tekan yang dihasilkan adalah 16,87 Mpa, 21,60 Mpa, 24,46 Mpa, 28,36 Mpa, 27,44 Mpa, 28,97 Mpa mengalami peningkatan namun tidak mencapai karakteristik kuat tekan yang diinginkan. Beberapa jenis perlakuan pada benda uji pun mengalami peningkatan kuat tekanyaitu 60 hari sebesar 27, 34 Mpa dan 90 hari sebesar 27,65 Mpa, namun tidak mencapai karakteristik kuat tekan yang diinginkan.
Kata Kunci : Beton,Pasir Pantai,Air Laut,Kuat Tekan

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul TINJAUAN KUAT TEKAN PADA BETON YANG MENGGUNAKAN PASIR PANTAI DAN AIR LAUT SEBAGAI BAHAN CAMPUR PEMBUATAN BETON
Pengarang ANDI MOH YUSUF - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua