Detail Cantuman Kembali
ANDI ASLINDAH - Personal Name

OPTIMALISASI KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DENGAN PENDEKATAN OPEN INQUIRY DI TAMAN KANAK-KANAK ALIFIA

ABSTRAK

Andi Aslindah, 2016. Optimalisasi keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun dengan pendekatan open inquiry di TK Alifia. Di bawah bimbingan Prof. Dr. H. A. Ichrar Asbar, MS selaku pembimbing I dan Dr. Hasby Sjamsir, M.Hum selaku pembimbing II
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji lebih dalam 1) Bagaimana mendesain optimalisasi keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun dengan pendekatan Open-Inquiri di Taman Kanak-kanak Alifia ? 2) Bagaimana menerapkan pendekatan Open-Inquiri dalam mengoptimalisasi keterampilan sains anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Alifia Samarinda ? 3) Bagaimana perkembangan keterampilan proses sains anak usia 5-6 tahun di Taman Kanak-kanak Alifia setelah dioptimalisasi dengan pendekatan open- inquiri ?
Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif . Data yang dikumpulkan berdasarkan naskah wawancara, catatan lapangan observasi, dokumentasi. Kemudian data yang dianalisis dengan model Miles-Huberman dengan langkah-langkah : 1) Pengumpulan data, 2) reduksi data, 3) penyajian data, 4) kesimpulan dan verifikasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa 1) Desain pembelajaran sains dalam pendekatan open inquiry yaitu penentuan jenis kegiatan sesuai dengan tema, menentukan jenis tantangan, kemudian menuangkan rencana kegiatan ke dalam RPPH, 2) Dalam penerapan pelaksanaan pembelajaran sains dengan pendekatan open inquiry adalah melalui tahap bermain, tahap sebab akibat, tahap tantangan dan tahap investigasi, 3) Perkembangan keterampilan proses sains dengan pendekatan open inquiry terdapat perubahan yang cukup berarti, hanya dalam pelaksanaan kegiatan pembelajaran sains perlu waktu yang cukup agar anak dapat memperoleh pengalaman yang lebih banyak lagi.

Kata Kunci : Keterampilan Proses sains, pendekatan open inquiry

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul OPTIMALISASI KETERAMPILAN PROSES SAINS ANAK USIA 5 - 6 TAHUN DENGAN PENDEKATAN OPEN INQUIRY DI TAMAN KANAK-KANAK ALIFIA
Pengarang ANDI ASLINDAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua