Detail Cantuman Kembali

AN INQUIRY INTO THE VIOLATION OF MAXIM IN THE “RON CLARK STORY” MOVIE

ABSTRAK

CHOIRUNNISAH, SISCA AZIZATUN. 2016. Pendalaman Pelanggaran Maxim dalam film “Ron Clark Story”(dibawah bimbingan Prof. Dr. RahmatSoe’oed, MAdanDesyRusmawaty, MA).Samarinda: Thesis. FKIP Pascasarjana, Universitas Mulawarman.

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pelanggaran maxim baik yang disengaja ataupun tidak yang dilakukan oleh tokoh utama dalam film Ron Clark Story, bagaimana cara mereka melakukan pelanggaran maxim dan implikatur apa yang muncul dari pelanggaran tersebut. Prinsip kerjasama diusulkan oleh Grice. Prinsip ini menyatakan bahwa pembicara harus bekerjasama untuk berkontribusi dalam membanguan sebuah percakapan. Grice mengusulkan empat maxim percakapan yang harus dipatuhi oleh pembicara: (1) Maxim Kuantitas (2) Maxim Kualitas (3) Maxim Hubungan (4) Maxim Pelaksanaan. Data dari penelitian ini adalah ucapan dari tokoh utama yang mengandung pelanggaran maxim. Penelitian ini dikategorikan sebagai penelitian deskriptif kualitatif. Sebagai instrumen utama untuk penelitian ini, peneliti melakukan observasi dengan cara menonton film beberapa kali disertai dengan membaca script teks dan subtitle film Ron Clark Story. Dari hasil penelitian menunjukkan bahwa tokoh utama melakukan pelanggaran maxim tanpa disengaja yaitu pelanggaran maxim kualitas dan maxim kuantitas. Tokoh utama juga melakukan pelanggaran maxim secara sengaja yaitu pelanggaran maxim kuantitas, maxim kualitas dan maxim hubungan. Jumlah total pelanggaran maxim adalah 17. 5 ucapan sebagai pelanggaran maxim yang dilakukan tanpa disengaja dan 12 ucapan sebagai pelanggaran maxim yang dilakukan secara sengaja. Ada beberapa alasan mengapa tokoh utama melakukan pelanggaran secara sengaja yaitu untuk menginformasikan sesuatu, mengganti topik pembicaraan, menunjukkan perasaan, mempengaruhi seseorang dan memprovokasi. Penilitian ini disarankan agarpara pembelajar linguistik dapat mengeksplor dan mempelajari lebih dalam tentang pragmatik. Selain itu, peneliti selanjutnya dapat meneliti fenomena prinsip kerjasama pada koran atau iklan.

Kata kunci: Prinsip kerjasama, Pelanggaran maxim tanpa disengaja, Pelanggaran maxim secara sengaja, Implikatur, film Ron Clark Story

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul AN INQUIRY INTO THE VIOLATION OF MAXIM IN THE “RON CLARK STORY” MOVIE
Pengarang SISCA AZIZATUN CHOIRUNNISAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa English
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit S2 Pendidikan Bahasa Inggris
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua