Detail Cantuman Kembali
Lenny Christy - Personal Name

ANALISIS POTENSI EMISI KARBON AKIBAT PERUBAHAN TUTUPAN HUTAN DAN LAHAN DI KABUPATEN BERAU

ABSTRAK

Christy. Penelitian dengan judul: Analisis Potensi Emisi Karbon Akibat Perubahan Tutupan Hutan dan Lahan di Kabupaten Berau di bawah bimbingan Dr. Ir. Sumaryono, M.Sc dan Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si.

Penelitian ini menyajikan estimasi emisi gas rumah kaca di Kabupaten Berau dari penggunaan lahan, perubahan penggunaan lahan dan kehutanan pada periode 2003 – 2013 berdasarkan peruntukan ruangnya. Hasil perhitungan emisi tersebut diproyeksikan sampai tahun 2020 sebagai baseline emisi business as usual (BAU), dimana untuk unit perencanaan berbasis kawasan hutan, pendekatan yang digunakan adalah dengan mengacu pada pola historisnya, sementara untuk unit perencaan budidaya non kehutanan digunakan pendekatan forward looking yang berdasarkan rencana pemanfaatan lahan.

Dari data yang diteliti, diketahui bahwa pada kurun wkatu 2003 ke 2013, rata-rata emisi yang terjadi per-tahunnya di Kabupaten Berau adalah 7.697.807 ton CO2 –eq. Melalui pendekatan pembagian unit perencanaan, dapat diketahui bahwa emisi terbesar terjadi di area yang dialokasikan untuk perkebunan, yaitu 1.804.012 ton CO2 –eq per tahun, disusul pertambangan dengan 1.174.678 CO2 –eq.

Apabila ada upaya mitigasi untuk mengurangi emisi karbon akibat perubahan penggunaan lahan, maka diperkirakan total emisi yang dapat ditekan sampai 2020 adalah sebesar 71% dari emisi BAU.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS POTENSI EMISI KARBON AKIBAT PERUBAHAN TUTUPAN HUTAN DAN LAHAN DI KABUPATEN BERAU
Pengarang Lenny Christy - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit S2 Ilmu Lingkungan
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua