Detail Cantuman Kembali
ISRINA NABILA - Personal Name

PENGARUH KONSENTRASI ENZIM AMILOGLUKOSIDASE DAN WAKTU INKUBASI DALAM PROSES PRODUKSI SIRUP GLUKOSA BERBAHAN BAKU PATI SINGKONG GAJAH (Manihot esculenta, sp)

ABSTRAK
ISRINA NABILA. Pengaruh Konsentrasi Enzim Amiloglukosidase Dan Waktu Inkubasi Dalam Proses Produksi Sirup Glukosa Berbahan Baku Pati Singkong Gajah (Manihot esculenta, sp). Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2016. (di bawah bimbingan Sukmiyati Agustin dan Marwati).
Sirup glukosa merupakan gula cair hasil dari hidrolisa pati secara enzimatis atau asam. Hidrolisis secara enzimatis dapat dilakukan dengan menggunakan enzim a amilase dan amiloglukosidase. Pati yang digunakan dalam pembuatan sirup glukosa adalah pati dari singkong gajah. Singkong gajah merupakan umbi kayu varietas asli Kalimantan Timur. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak konsentrasi enzim amiloglukosidase dan lama inkubasi yang diperlukan untuk mendapatkan sirup glukosa terbaik. Rancangan percobaan yang digunakan adalah dua faktor dengan menggunakan rancangan acak lengkap (RAL), terdiri dari masing-masing tiga taraf perlakuan dan tiga ulangan. Perlakuan yang diteliti menggunakan konsentrasi
enzim amiloglukosidase dan lama inkubasi dimana masing-masing yaitu : 0,1%, 0,2%, 0,3% dan 24 jam, 48 jam, 72 jam. Data yang diperoleh dianalisis sidik ragam, dan dilanjutkan dengan uji beda nyata terkecil (BNT) pada taraf a 5%. Penelitian ini menunjukkan bahwa konsentrasi enzim amiloglukosidase dan lama inkubasi berpengaruh nyata terhadap nilai Dektrosa Ekivalen (DE), Gula Pereduksi, Total Padatan Terlarut (TPT), Kadar Air dan Rendemen namun tidak
berpengaruh terhadap nilai pH. Perlakuan terbaik untuk menghasilkan sirup glukosa berdasarkan analisis fisiko-kimia adalah pada DE 38,54% (konsentrasi 0,3% dan lama inkubasi 72 jam), gula pereduksi 11,04% (konsentrasi 0,3% dan lama inkubasi 24 jam), TPT 47,17brix (konsentrasi 0,3% dan lama inkubasi 24 jam), pH 4,82 (konsentrasi 0,3% dan lama inkubasi 72 jam), kadar air 32,08% (konsentrasi 0,1% dan lama inkubasi 72 jam) dan rendemen sebesar 67,75% (konsentrasi 0,3% dan lama inkubasi 24 jam).

Kata kunci : Sirup glukosa, enzim amiloglukosidase, pati singkong gajah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH KONSENTRASI ENZIM AMILOGLUKOSIDASE DAN WAKTU INKUBASI DALAM PROSES PRODUKSI SIRUP GLUKOSA BERBAHAN BAKU PATI SINGKONG GAJAH (Manihot esculenta, sp)
Pengarang ISRINA NABILA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua