Detail Cantuman Kembali
CHARLES MIKAEL - Personal Name

PERANPENYULUH PERTANIAN DALAM PENGEMBANGAN GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) DI KELURAHAN SAMBUTAN KOTA SAMARINDA

ABSTRAKCHARLES MIKAEL, Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2016.
Peran Penyuluh Pertanian Dalam Pengembangan Gabungan Kelompok Tani(Gapoktan) Di Kelurahan Sambutan Kota Samarinda. (dibawah bimbinganMuhammad Najib dan Dina Lesmana).
Penyuluhan pertanian berperan penting dalam meningkatkan ilmupengetahuan,dan keterampilan bagi masayarakat petani.Tujuan Penelitian ini adalahuntuk mengetahui peran penyuluh pertanian dalam pengembangan gabungankelompok tani (Gapoktan) di Kelurahan Sambutan Kota Samarinda.Penelitian inidilaksanakan selama tiga bulan dimulaidaribulan Mei sampai denganJuli 2016.
Peran penyuluh pertanian dianalisis menggunakanpengukuranSkala Likertdengan 10 indikator yang terdiri dari jawaban A diberikannilai skor tertinggi yaitutiga, sedangkan untuk pilihan jawaban Bdiberikannilaiskorsedang yaitudua,dan Cdiberikan nilai skor terendah yaitu satu, yangselanjutnya dibahas secara deskriptifkualitatif.
Hasil Penelitian inimenunjukanbahwadari 10 indikatordiperoleh total skor113,39. Skordengan nilaitertinggi berada pada indikator prinsip-prinsip penumbuhanGapoktanyaitu19,36yang termasukdalamkategori berperan,sementarauntuk skordengan nilai sedang berada pada indikator adanya pertemuan rapat anggota danindikator disusunnya rencana kerja Gapoktan masing-masing mendapatkan skor 9,54dan 9,21 yang termasuk dalam kategori cukup berperan, dan skor dengan nilaiterendahberada pada indikator memiliki aturan tertulis yaitu 3,42 yang termasukdalamkategori kurang berperan.
Kegiatan penyuluhan di Kelurahan Sambutan telah berjalan dengan optimal,berdasarkan hasil quisioner dan analisis data, didapatkan skor keseluruhan mencapai113,39, angka ini menunjukan bahwa penyuluh pertanian termasuk dalam kategoriberperan dalam pengembangan gabungan kelompok tani di Kelurahan SambutanKota Samarinda.
Kata Kunci : Peran penyuluh pertanian, Pengembangan Gapoktan, Pertanian

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERANPENYULUH PERTANIAN DALAM PENGEMBANGAN GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) DI KELURAHAN SAMBUTAN KOTA SAMARINDA
Pengarang CHARLES MIKAEL - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua