Detail Cantuman Kembali
MUHAIMATUL HIDAYAH - Personal Name

FORMULASI JAGUNG (Zeamays L.) DAN LABU KUNING (Cucurbitamoschata) TERHADAP SIFAT KIMIA DAN SIFAT SENSORISTORTILLA CHIPS

ABSTRAK
MUHAIMATUL HIDAYAH. Formulasi Jagung (Zea mays L.)dan LabuKuning (Cucurbita moschata) Terhadap Sifat Kimia dan Sifat SensorisTortilla Chips. Fakultas Pertanian. Universitas Mulawarman. 2016. (dibawah bimbingan Hudaida Syahrumsyah dan Sukmiati Agustin).
Tortilla chips merupakan salah satu olahan makanan kudapan berbahan jagung dan salah satu makanan kudapan yang dapat didiversifikasikanmenjadisumber gizi bagi masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah mengetahui pengaruh formulasi jagung dan labu kuning terhadap sifat kimia dan sifat sensoris tortillachips. Penelitian ini dilakukan di Laboratorium Pengolahan dan Pengawasan Mutu, serta Laboratorium Kimia dan Biokimia, pada bulan Januari sampaiFebruari 2014di Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman,
Peneltian ini mengunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL) non factorial dengan empat perlakuan dan diulang sebanyak limakali.Perlakuannya adalah formulasi jagung dan labu kuning yaitu 90 : 10 (P1), 80 : 20 (P2), 70 : 30 (P3),60 : 40 (P4).Data dianalisis menggunakan sidik ragam dengan uji F, jika terdapat perbedaan yang nyata maka dilanjutkan dengan Uji Beda Nyata Terkecil (BNT)dengan taraf a 5%.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa formulasi jagung dan labu kuning berpengaruh nyata pada sifat kimia dan sifat sensoris pada tortilla chips.Formulasi jagung dan labu kuning 80 g : 20 g merupakan menghasilkan tortillachipsdengankarakteristik terbaik yaitukadar air sebesar 3,40 %, kadar abu 9,63%, kadar lemak 21,36 % dan vitamin C 5,28 mg/100 g. Uji sensoris untuk tortillachips dengan perlakuan terbaik pada perlakuan 80 : 20 dengan hedonik warna dengan skor suka, rasa dengan skor suka, dan tekstur dengan skor suka. Sedangkan pada mutu hedonik warna dengan skor kuning, rasa dengan skor gurih dan tekstur dengan skor renyah.
Kata Kunci: Tortilla Chips, Jagung, Labu Kuning

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul FORMULASI JAGUNG (Zeamays L.) DAN LABU KUNING (Cucurbitamoschata) TERHADAP SIFAT KIMIA DAN SIFAT SENSORISTORTILLA CHIPS
Pengarang MUHAIMATUL HIDAYAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua