Detail Cantuman Kembali
ANDI ALI PUTRA - Personal Name

PERAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PERKEMBANGAN KELOMPOK TANIDI DUSUN GIRIREJO KELURAHAN LEMPAKE KECAMATAN SAMARINDA UTARA

ABSTRAK
ANDI ALI PUTRA, Peran Penyuluh Pertanian Dalam PerkembanganKelompok Tani di Dusun Girirejo Kelurahan Lempake KecamatanSamarinda Utara. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2017.(dibawah bimbingan Muhammad Najib dan Syarifah Aida).
Tujuan penelitian ini adalah mengetahui peran penyuluh pertanian dalampengembangan kelompok tani dan mengetahui perkembangan kelompok tani diDusunGirirejoKelurahanLempake Kecamatan Samarinda Utara.
Penelitian ini dilaksanakan selama enam bulan dimulai bulan april sampaibulan September 2016. Pemilihan lokasi penelitian secara sengaja (purposivesampling) yaitu di Dusun Girirejo karena dengan pertimbangan bahwa dilokasitersebut memiliki beberapa kelompok tani. Data yang dikumpulkan dalampenelitian ini adalah data primer dan sekunder , tingkat peran penyuluh pertaniandalam pengembangan kelompok tani ini di analisis dengan menggunakan metodepengukuran Skala Likert dengan menggunakan 3 indikator tingkat peran penyuluhpertanian dan 5 indikator tingkat perkembangan kelompok tani.
Hasil penelitian menunjukan bahwa dari keseluruhan indikator, peranpenyuluh pertanian dalam perkembangan kelompok tani di Dusun GirirejoKelurahan Lempake Kecamatan Samarinda Utarauntuk tingkat peran penyuluhpertanian dikategorikan “berperan” dengan skor rata-rata 40,5, dan tingkatperkembangan kelompok tani dikategorikan “berkembang” dengan skor rata-rata30,08.
Kata kunci: Peran penyuluh pertanian, Kelompok tani, Pertanian

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERAN PENYULUH PERTANIAN DALAM PERKEMBANGAN KELOMPOK TANIDI DUSUN GIRIREJO KELURAHAN LEMPAKE KECAMATAN SAMARINDA UTARA
Pengarang ANDI ALI PUTRA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2017
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua