PENGARUH PENGGUNAAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) DAN CONCEPT MAPPING (PETA KONSEP) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI KELAS VIII DI MTS NEGERI MODEL SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Dwi Ayu Hardiyati. 2011. Pengaruh Penggunaan Mind Mapping (peta pikiran) dan Concept Mapping (peta konsep) terhadap Hasil Belajar IPA Biologi Kelas VIII di Mts Negeri Model Samarinda tahun pembelajaran 2014/2015, Skripsi program studi pendidikan Biologi FKIP Universitas Mulawarman, dibawah bimbingan ibu Herliani, selaku pembimbing I dan Ibu Masitah, selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan Mind Mapping dan Concept Mapping terhadap hasil belajar siswa. Sedangkan manfaat dari penelitian ini adalah siswa mampu menguasai mata pelajaran IPA Biologi. Meningatkan hasil belajarnya serta guru dapat menerapkan metode pengajaran yang tepat guna meningkatkan hasil belajar sains.
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kuasi eksperimen dengan desain penelitian Pretest-Posttest Control Group design. Populasi penelitian adalah siswa kelas VIII Mts Negeri Model Samarinda sebanyak 270 siswa yang terbagi atas delapan kelas. Pengambilan sampel Mind Mapping dan Concept Mapping dilakukan dengan cara Purposive Sampling dengan kelas VIII-6 dan VIII-8 sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII-7 sebagai kelas kontrol dengan masing-masing kelas 30 siswa. Dalam penelitian ini terdiri dari 8 pertemuan, dimana pertemuan 1 dan 8 merupakan pretest dan posttest, pertemuan ke 2 dan 7 adalah kegiatan belajar mengajar. Hasil penelitian mennjukan rata-rata nilai posttest yang diperoleh siswa pada kelas VIII-6 (Mind Mapping) mencapai 89,3, VIII-8 (Concept Mapping) mencapai 85,03 untuk kelas kontrol VIII-7 mencapai 79,1.
Hasil uji Anava dengan Fhitung (32,13) > Ftabel (3,11), ɑ 0,05 menunjukkan hasil belajar siswa dengan menggunakan Mind Mapping dan Concept Mapping lebih tinggi daripada hasil belajar siswa tanpa menggunakan Mind Mapping dan Concept Mapping. Penggunaan media Mind Mapping dan Concept Mapping yang dikembangkan dalam penelitian ini sudah cukup efektif pada penelitian ini, penggunaan Mind Mapping dan Concept Mapping berpengaruh terhadap hasil belajar biologi siswa
Kata kunci : Penggunaan media, Mind Mapping, Concept Mapping, Hasil Belajar
Ketersediaan
Detail Information
Judul | PENGARUH PENGGUNAAN MIND MAPPING (PETA PIKIRAN) DAN CONCEPT MAPPING (PETA KONSEP) TERHADAP HASIL BELAJAR IPA BIOLOGI KELAS VIII DI MTS NEGERI MODEL SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015 |
---|---|
Pengarang | DWI AYU HARDIYATI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2015 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY