Detail Cantuman Kembali
REZA DWI KURNIAWAN - Personal Name

PERANAN PENYULUH PERTANIAN DALAM LEMBAGA GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) DI KECAMATAN PENAJAM KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA

ABSTRAK
REZADWI KURNIAWAN, Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman,2016. Peranan Penyuluh Pertanian dalam lembaga Gabungan kelompok tani(Gapoktan) di Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara(dibawahbimbingan Mursidah dan Tetty Wijayanti ).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat dari peranan penyuluhpertanian dalam lembaga gabungan kelompok tani dan mengetahui kendala penyuluhpertanian lapangan di Kecamatan Penajam Kabupaten Penajam Paser Utara.
Penelitian dilaksanakan sejak bulan Februari sampai bulan April 2016.Pemilihan lokasi penelitian secara sengaja (purposive sampling) yaitu KelurahanSesumpu dan Desa Sidorejo dengan pertimbangan bahwa di lokasi tersebut memilikianggota Gapoktan lebih banyak, dan kedua Gapoktan di lokasi tersebutberanggotakan kelompok tani komoditas Hortikultura dan Padi Sawah. Data yangdikumpulkan dalam penelitian ini adalah data primer dan sekunder. Tingkat perananpenyuluh pertanian dalam lembaga Gapoktan dianalisis dengan menggunakanmetode pengukuran Skala Likert dengan menggunakan 6 indikator peranan penyuluhpertanian.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa dari keseluruhan indikator, perananpenyuluh pertanian dalam lembaga Gapoktan di Kecamatan Penajam KabupatenPenajam Paser Utara termasuk kategori “sedang”dengan skor rata-rata 60,5. Kendalapenyuluh pertanian terdapat 2 jenis yaitu kendala internal dan eksternal. Kendalainternal yaitu kurangnyadukungan pemerintah berupa bantuan dana maupun saranapenyuluhan dalam pelaksanaan demonstrasi plot. Kendala eksternal yaitu PPLkesulitan dalam merubah sikap dan pola pikir petani untuk mau mencoba sistem polatanam terbaru.
Kata kunci : peran penyuluhpertanian, Gapoktan, pertanian

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERANAN PENYULUH PERTANIAN DALAM LEMBAGA GABUNGAN KELOMPOK TANI (GAPOKTAN) DI KECAMATAN PENAJAM KABUPATEN PENAJAM PASER UTARA
Pengarang REZA DWI KURNIAWAN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua