KEMAMPUAN MEMAHAMI PERUBAHAN MAKNA KATA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2007 / 2008
ABSTRAK
Hj Endang Sulistyowati, Kemampuan Memahami Perubahan Makna Kata Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Balikpapan TahunAjaran 2007 / 2008. Skripsi, Program Studi Pendidikan Bahasa, Sastra Indonesia dan Daerah, Jurusan Bahasa dan Seni, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan Universitas Mulawarman. Dibimbing oleh : (1) Dra. Emilliana
Patiung, M. Hum, (2) Dra. Widyatmike G.M, M. Hum
Hal yang melatarbelakangi penulis dalam meneliti skripsi yang berjudul Kemampuan Memahami Perubahan Makna Kata Bahasa Indonesia Siswa Kelas VIII SMP Negeri 6 Balikpapan Tahun Ajaran 2007 / 2008 adalah karena melihat betapa pentingnya fungsi bahasa sebagai alat komunikasi antara anggota masyarakat yang mempunyai
peranan penting dalam kehidupan manusia. Seiring dengan perkembangan zaman, bahasa pun mengalami perkembangan, sehinga bahasa itu mengalami pergeseran makna atau mengalami perubahan makna kata, yaitu generalisasi (perluasan makna), spesialisasi (penyempitan makna), amelioratif. (peninggian makna), peyoratif (penurunan makna) dan sinestesia.
Tujuan penelitian ini adalah untuk memperoleh gambaran tentang perubahan makna kata dengan rumusan masalah ialah bagaimana kemampuan siswa memahami kata yang mengalami perluasan makna,penyempitan makna, amelioratif, peyoratif dan sinestesia.
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh gambaran kemampuansiswa memahami kata yang mengalami perluasan makna, penyempitanmakna, amelioratif, peyoratif dan sinestesia . Disamping itu berguna bagisiswa (mengerti perubahan makna kata).
Metode penelitian ini menggunakan tahapan pengumpulan datakemampuan memahami perubahan makna kata perluasan, penyempitan,amelioratif, peyoratif, dan sinestesia yang dilakukan setelah instrumendiujicobakan dan disempurnakan. Instrumen penelitian adalah alat yangdigunakan untuk menjaring data dalam penelitian. Instrumen yangdigunakan dalam penelitian ini berbentuk test pilihan ganda. Instrumenyang berbentuk test pilihan ganda digunakan untuk menjaringkemampuan siswa memahami makna kata perluasan, penyempitan,amelioratif, peyoratif dan sinestesia. Data yang telah terkumpul danmemenuhi syarat dianalisis menggunakan statistik.
Hasil dari penelitian ini adalah, (1) siswa mampu memahamiperubahan makna kata perluasan (100%), (2) siswa mampu memahamiperubahan makna kata penyempitan (93.3%), (3) siswa mampumemahami perubahan makna kata amelioratif (93.3%), (4) siswa mampumemahami perubahan makna kata peyoratif (90%), (5) siswa mampu
memahami perubahan makna kata sinestesia (100%).
Ketersediaan
Detail Information
Judul | KEMAMPUAN MEMAHAMI PERUBAHAN MAKNA KATA BAHASA INDONESIA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 6 BALIKPAPAN TAHUN AJARAN 2007 / 2008 |
---|---|
Pengarang | HJ. ENDANG SULISTYOWATI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2008 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY