Detail Cantuman Kembali
HIDAYAH - Personal Name

PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK KELIPATAN DAN FAKTOR DI KELAS IV SD NEGERI 001 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009

ABSTRAK
Hidayah. Pembelajaran Matematika Realistik untuk Menigkatkan Hasil Belajar Matematika Siswa pada Materi Pokok Kelipatan dan Faktor di Kelas IV SD Negeri 001 Samarinda Tahun Pembelajaran 2008/2009. Dibimbing oleh Bapak Drs.Asyril, M.Si sebagai Dosen Pembimbing I dan Bapak Drs. Azainil, M.Si sebagai Dosen Pembimbing II
Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa melalui pembelajaran matematika realistik pada materi pokok kelipatan dan faktor di kelas IV SDN 001 Samarinda tahun pembelajaran 2008/2009.
Penelitian ini dilakukan di SDN 001 Kecamatan Sungai Kunjang Samarinda tahun pembelajaran 2008/2009 dengan subjek penelitian siswa kelas IV berjumlah 26 siswa dan objek penelitian adalah pembelajaran matematika realistik.
Penelitian dilaksanakan sebanyak tiga siklus. Siklus I dilakukan 4 kali pertemuan. Siklus II dilakukan 3 kali pertemuan. Sedangkan siklus III dilakukan 2 kali pertemuan dimana setiap siklus pada akhir pertemuan dilakukan tes akhir siklus. Soal tes akhir belajar tiap siklus berbentuk uraian (essay). Datadikumpulkan dengan tekhnik dokumentasi data, tugas, tes akhir siklus dan observasi.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas guru dan siswa secara keseluruhan pada siklus I dinilai cukup. Sedangkan pada siklus II dan III, aktivitas guru dan siswa secara keseluruhan mengalami perubahan dan perbaikan menjadi baik. Sedangkan Hasil penelitian dilihat dari dokumentasi nilai ulangan harian sebelumnya (nilai dasar), dengan nilai rata-rata 61,08. Pada siklus I nilai rata-rata akhir ( NA I) adalah 63,02; pada siklus II nilai rata-rata akhir (NA II) adalah 68,88; pada siklus III nilai rata-rata akhir (NA III) adalah 69,38. Dilihat dari nilai rata-rata dasar ke siklus I terjadi peningkatan dengan persentase peningkatan sebesar 3, 18%. Siklus I ke siklus II juga terjadi peningkatan sebesar 9,47% dan dari siklus II ke sklus III terjadi peningkatan hasil belajar sebesar 0,57%.
Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa pembelajaran matematika realistik tepat diterapkan pada materi pokok kelipatan dan faktor serta meningkatkan hasil belajar matematika siswa di kelas IV SD Negeri 001 Samarinda tahun pembelajaran 2008/2009.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA PADA MATERI POKOK KELIPATAN DAN FAKTOR DI KELAS IV SD NEGERI 001 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2008/2009
Pengarang HIDAYAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2009
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua