Detail Cantuman Kembali
HESTY RAHMADANIAH - Personal Name

HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANEMIA DENGAN KEJADIANNYA DALAM KEHAMILAN DI PUSKESMAS WONOREJO SAMARINDA TAHUN 2006

ABSTRAK
Hesty Rahmadaniah, “Hubungan Pengetahuan Ibu Hamil Tentang Anemia Dengan Kejadiannya Dalam Kehamilan di Puskesmas Wonorejo Samarinda Tahun 2006 ” di bawah bimbingan Bapak H. Akhmad dan Bapak H. Jailani.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat hubungan pengetahuan ibu hamil tentang anemia dengan kejadiannya dalam kehamilan di puskesmas Wonorejo Samarinda. Pengambilan sampel sebanyak 10% dari jumlah populasi yang ada yaitu 72 responden ibu hamil di puskesmas WonorejoSamarinda yang mana teknik pengambilan sampel dengan pendekatan accidentalsampling dari jumlah populasi sebanyak 715 orang. Data diperoleh dengan teknik dokumentasi, angket dan wawancara. Setelah data terkumpul dilakukan analisa data dengan menggunakan teknik korelasi pearson product moment, kemudian dideskripsikan lalu ditarik kesimpulan.
Dari hasil penelitian ini diperoleh nilai koefisien sebesar 0,037 jika diinterpretasikan dengan tabel r maka kedua variabel yaitu tingkat pengetahuan ibu hamil tentang anemia dengan kejadiannya memiliki hubungan yang sangat rendah. Nilai koefisien determinasi sebesar 0,138% artinya 0,138% kejadian anemia dipengaruhi oleh tingkat pengetahuan anemia, sedangkan faktor luar yang berpengaruh terhadap kejadian anemia adalah 99,87%. Dari hasil analisis dengan uji t diperoleh harga t hitung = 0,312. kemudian nilai t hitung tersebut dibandingkan dengan taraf signifikansi 95% dengan t tabel = 1,666. Ini menunjukkan bahwa pengetahuan ibu hamil tentang anemia tidak berpengaruh dengan kejadiannya di puskesmas Wonorejo Samarinda tahun 2006.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul HUBUNGAN PENGETAHUAN IBU HAMIL TENTANG ANEMIA DENGAN KEJADIANNYA DALAM KEHAMILAN DI PUSKESMAS WONOREJO SAMARINDA TAHUN 2006
Pengarang HESTY RAHMADANIAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2007
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua