Detail Cantuman Kembali
ELISABETH TEMUJI KOTEN - Personal Name

PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA (STUDI KASUS : SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2007/2008)

ABSTRAK
Penelitian tentang penerapan pembelajaran kooperatif tipe Take and Give untuk meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Ikatan Kimia kelas X SMK Negeri 2 Samarinda telah dilakukan.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui adanya peningkatkan hasil belajar siswa dengan penerapan pembelajaran kooperatif tipe Take and Give pada pokok bahasan Ikatan Kimia kelas X SMK Negeri 2 Samarinda. Jenis penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dalam dua siklus, dan tiap siklus terdiri dari dua pertemuan. Subjek penelitian adalah siswa kelas X Listrik 2SMK Negeri 2 yang berjumlah 32 orang. Data dikumpulkan melalui pre-test,tugas LKS, dan post-test. Data hasil penelitian dianalisis dengan menggunakan persentase, dengan menggunakan standar ketuntasan 60% dengan nilai tuntas 60.
Diperoleh jumlah ketuntasan pre-test siklus I = 0%, jumlah ketuntasan post-test = 56,67% dan nilai keseluruhan = 53,13%. Jumlah ketuntasan pre-test siklus II = 38,71%, jumlah ketuntasan post-test = 77,42% dan nilai keseluruhan = 84,38%.
Secara keseluruhan jumlah ketuntasan siklus II mengalami kenaikan dari siklus Isebesar 31,25%. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa penerapan pembelajaran kooperatif tipe Take and Give dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada pokok bahasan Ikatan Kimia kelas X SMK Negeri 2 Samarinda tahun ajaran 2007/2008.
Kata kunci : pembelajaran kooperatif tipe Take and Give, hasil belajar

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TAKE AND GIVE UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR SISWA PADA POKOK BAHASAN IKATAN KIMIA (STUDI KASUS : SISWA KELAS X SMK NEGERI 2 SAMARINDA TAHUN AJARAN 2007/2008)
Pengarang ELISABETH TEMUJI KOTEN - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua