STUDI TINGKAT KESENANGAN BERBELANJA DI SUPERMARKET FOODMART MAL LEMBUSWANA DAN SUPERMARKET HERO SAMARINDA CENTRAL PLAZA DI SAMARINDA
ABSTRAK
Ani Rinawati, 2008. Studi Tingkat Kesenangan Berbelanja Di Supermarket Foodmart Mal Lembuswana dan Supermarket Hero Samarinda Central Plaza Samarinda.
Dibimbing oleh Dra. Hj. Ipit Hayati selaku Pembimbing I dan Noor Ellyawati S.Pd selaku Pembimbing II. Rumusan masalah ini adalah “Bagaimana Tingkat Kesenangan Berbelanja di Supermarket Foodmart Mal Lembuswana dan Supermarket Hero Samarinda Central Plaza di Samarinda”.
Tujuan Penelitian ini untuk mengetahui Tingkat Kesenangan Berbelanja di Supermarket Foodmart Mal Lembuswana dan Supermarket Hero Samarinda Central Plaza di Samarinda serta mengetahui faktor-faktor yang dominan dari motiflangganan yang dimiliki oleh kedua Supermarket.
Populasi penelitian adalah Para pelanggan yang berbelanja di SupermarketFoodmart Mal Lembuswana dan Supermarket Hero Samarinda Central Plaza, yangberjumlah 5819 Pelanggan. Sampel diambil secara random sampling sebesar 2% darijumlah populasi, sehingga sampelnya berjumlah 100 Pelanggan.
Tehnik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan Observasi,Wawancara, Kuisioner, Dokumentasi, dan Studi Kepustakaan. Penelitian dilakukandengan memberikan kuisioner kepada konsumen yang berbelanja dimasing-masingsupermarket yang dipilihnya, dengan alat analisis menggunakan perhitunganProsentase.
Dari hasil penelitian dapat dilihat bahwa tidak ada perbedaan yang signifikanantara tingkat kesenangan berbelanja di Supermarket Foodmart Mal Lembuswana danSupermarket Hero Samarinda Central Plaza Samarinda. Hal ini dibuktikan darimasing-masing indikator kedua supermarket. Konsumen senang berbelanja disupermarket Foodmart Mal Lembuswana karena Lokasinya mudah dijangkau (dekat) bagi arus pejalan kaki maupun yang memiliki kendaraan sehingga konsumen tertarikberbelanja di supermarket tersebut. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata yangdimiliki oleh faktor Lokasi sebesar 4,04. Sedangkan konsumen yang senangberbelanja di supermarket Hero Samarinda Central Plaza karena Pelayanannya menyenangkan dari sikap karyawan yang harmonis dan memiliki pengetahuan danpengalaman dalam melayani konsumen. Hal ini dibuktikan dari nilai rata-rata yang dimiliki oleh motif Pelayanan sebesar 4,24.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | STUDI TINGKAT KESENANGAN BERBELANJA DI SUPERMARKET FOODMART MAL LEMBUSWANA DAN SUPERMARKET HERO SAMARINDA CENTRAL PLAZA DI SAMARINDA |
---|---|
Pengarang | ANI RINAWATI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2008 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY