Detail Cantuman Kembali
ANDI KASNUR RAMDHANI - Personal Name

PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 SAMARINDA. (POKOK BAHASAN GERAK LURUS SEMESTER II)

ABSTRAK
Andi Kasnur Ramdhani. Penerapan Metode Pemberian Tugas Terstruktur Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Fisika Siswa Kelas VII SMP Negeri 6 Samarinda (Pokok Bahasan Gerak Lurus). Penelitian ini di bawah bimbingan Dr. Jamaludin, M. Si dan Dr. Lambang Subagiyo, M. Si.
Penelitian ini bersifat deskriptif yang bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika dengan menggunakan metode pemberian tugas terstruktur pada pokok bahasan gerak lurus. Penelitian ini dilakukan di SMP Negeri 6 Samarinda. Sampel pada penelitian ini diambil satu kelas yaitu kelas VII 2 yang berjumlah 40 siswa.
Metode tugas terstruktur adalah metode pemberian tugas tertentu secara berurutan dengan memahami konsep, dari soal yang mudah sampai yang sukar, agar siswadapat melakukan proses kegiatan belajar mengajar, serta untuk memberikankesempatan kepada siswa agar menemukan sendiri jawaban dari suatu persoalandan mampu berfikir kreatif dengan menggunakan sumber belajar mereka sendiri.
Teknik pengambilan data dilakukan dengan tes hasil belajar setelah pembelajaranpada konsep gerak lurus. Teknik analisa data yang digunakan dalam penelitian inimenggunakan analisis statistik deskriptif. Dari hasil analisis data, diperoleh nilairata-rata untuk tugas terstruktur adalah 80,83 dan untuk nilai rata-rata hasil tesformatif adalah 73,25 dengan kriteria 22 siswa memperoleh nilai baik sekalidengan presentase (55 %), 10 siswa memperoleh nilai baik dengan presentase (25%), 3 siswa memperoleh nilai cukup dengan presentase (7,50 %), dan 5 siswayang memperoleh nilai kurang dengan presentase (12,50 %).
Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa sebagian besar siswa telah mencapaistandar ketuntasan belajar minimal yang telah ditetapkan oleh sekolah.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENERAPAN METODE PEMBERIAN TUGAS TERSTRUKTUR DALAM MENINGKATKAN HASIL BELAJAR FISIKA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 6 SAMARINDA. (POKOK BAHASAN GERAK LURUS SEMESTER II)
Pengarang ANDI KASNUR RAMDHANI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua