Detail Cantuman Kembali

ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA AKTIVITAS TRANSAKSI NASABAH BANK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SIMULASI (STUDI KASUS BPD KALTIM KCP TEMINDUNG PERMAI SAMARINDA)

Nur Rahman Ramadhany Al-Fatih Dosen Pembimbing
NIM 1009025039 I. Deasy Kartika Rahayu Kuncoro, S.T., M.T.
Program Studi Teknik Industri II. Willy Tambunan, S.T., M.T.
ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA AKTIVITAS TRANSAKSI NASABAH BANK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SIMULASI (STUDI KASUS BPD KALTIM KCP TEMINDUNG PERMAI SAMARINDA)
ABSTRAK
Antrian terjadi ketika jumlah fasilitas pelayanan jasa yang lebih sedikit dibandingkan dengan jumlah orang yang memerlukan pelayanan. Dalam antrian terdapat aktivitasmenunggu yang merupakan keadaan yang terjadi dalam kegiatan yang bersifat acak dalam suatu fasilitas layanan. Bank merupakan salah satu tempat yang sering terjadi antrian. Dilihat dari segi waktu, jumlah antrian nasabah yang banyak akan menurunkankualitas layanan yang diberikan bank tersebut, sehingga dapat menimbulkan persepsi yang kurang baik dari nasabah terhadap layanan yang diberikan bank tersebut.
Penelitian ini mencoba memodelkan permasalahan antrian pada aktivitas transaksi nasabah BPD Kaltim KCP Temindung Permai Samarinda ke dalam model simulasi dengan bantuan Software Arena dan mengembangkan model simulasi, yang dilakukan
dengan menggunakan bantuan program Process Analyzer. Usulan skenariopengembangan model simulasi dari model skenario awal yang menggunakan 2 petugasteller yaitu dengan menambah 1 petugas teller sehingga menjadi 3 petugas teller,menambah 2 petugas teller sehingga menjadi 4 petugas teller, dan menambah 1 jampelayanan.
Dari beberapa usulan skenario pengembangan, skenario ke-2 dapat diusulkan sebagai
alternatif perbaikan dimana dengan penambahan 1 petugas teller sehingga menjadi 3petugas teller terjadi penurunan jumlah antrian sebesar 99,49%, selain itu terjadi pula
penurunan waktu tunggu sebesar 99,95% dan terjadi peningkatan jumlah output dariskenario awal sebesar 7,95%.
Kata Kunci: Antrian, Simulasi, Skenario, Software

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS SISTEM ANTRIAN PADA AKTIVITAS TRANSAKSI NASABAH BANK DENGAN MENGGUNAKAN MODEL SIMULASI (STUDI KASUS BPD KALTIM KCP TEMINDUNG PERMAI SAMARINDA)
Pengarang NUR RAHMAN RAMADHANY AL-FATIH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit Fakultas Teknik
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua