Detail Cantuman Kembali
RITA YULIANA - Personal Name

UJI IN VITRO RESPONS DILATASI AORTA TIKUS WISTAR PADA PEMBERIAN EKSRAK ETANOL DAUN CINCAU HIJAU (Premna oblongifolia Merr)

ABSTRAK
Nama : Rita Yuliana
Program Studi : Pendidikan Dokter
Judul : Uji In Vitro Respons Dilatasi Aorta Tikus Wistar pada Pemberian Ekstrak Etanol Daun Cincau Hijau (Premna oblongifolia Merr)
Latar Belakang: Daun Cincau Hijau (Premna oblongifolia Merr) telah banyak digunakan oleh masyarakat Indonesia sebagai tanaman yang dapat menurunkantekanan darah. Efek daun Cincau Hijau terhadap respons dilatasi aorta belumdiketahui. Tujuan: Penelitian ini bertujuan untuk menguji respons dilatasi dariekstrak etanol daun Cincau Hijau (Premna oblongifolia Merr) pada aorta tikusWistar yang diinduksi dengan fenilefrin. Metode: Metode yang digunakan adalahmetode eksperimental dengan desain Post test only control group. Terdapat duakelompok, yaitu kelompok perlakuan yang diberi ekstrak dan kelompok kontrolyang diberi larutan kontrol DMSO 10% - Etanol, tiap kelompok masing – masingmendapatkan dosis yang diberikan secara kumulatif (0,02 mg/mL; 0,04 mg/mL;0,08 mg/mL; 0,16 mg/mL dan 0,32 mg/mL). Respons kontraktilitas aortadianalisis dengan uji Kruskal-Wallis. Hasil: Hasil penelitian menunjukkan bahwaekstrak etanol daun Cincau Hijau (Premna oblongifolia Merr) memiliki aktivitasmeningkatkan kontraktilitas tonus aorta dengan nilai presentase rata – rataaktivitas aorta pada ketiga dosis (0,02 mg/mL; 0,04 mg/mL; 0,08 mg/mL; 0,16mg/mL dan 0,32 mg/mL) adalah -1,140%, -2,245%, -2,250%, 1,450% dan2,315%. Sedangkan, pada pemberian larutan kontrol diperoleh hasil rata – ratakontraktilitas aorta sebesar 0,505%, -1,505%, -2,005%, -2,965%, -4,515%. UjiKruskal-Wallis menunjukkan peningkatan kontraktilitas aorta yang tidakbermakna dibandingkan kelompok kontrol (p = 0,162). Kesimpulan: Ekstraketanol daun Cincau Hijau (Premna oblongifolia Merr) tidak memiliki aktivitasdilatasi pada pembuluh darah aorta tikus Wistar secara in vitro.
Kata kunci: Premna oblongifolia Merr, aorta, dilatasi.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul UJI IN VITRO RESPONS DILATASI AORTA TIKUS WISTAR PADA PEMBERIAN EKSRAK ETANOL DAUN CINCAU HIJAU (Premna oblongifolia Merr)
Pengarang RITA YULIANA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua