Detail Cantuman Kembali

GAMBARAN PENGETAHUAN AKSEPTOR KB TENTANG KONTRASEPSI DI KELURAHAN BANDARA KECAMATAN SAMARINDA UTARA

ABSTRAK
Sukirwanto, Desika P. 2010. Gambaran Pengetahuan Akseptor KB tentang Kontrasepsi di Kelurahan Bandara Kecamatan Samarinda Utara. Tugas Akhir, Fakultas Kedokteran Universitas Mulawarman. Pembimbing : (1) dr. Yuliana Rahmah R., M.Kes. (2) dr. Evi Fitriany, M.Kes.
Dari data yang ada di kelurahan Bandara, terlihat bahwa meskipun ada kenaikan proporsi peserta KB, namun tren penggunaan kontrasepsi terbanyaknyamasih pada metode kontrasepsi hormonal, yaitu pil dan suntikan. Sedangkanmetode kontrasepsi mantap seperti tubektomi (sterilisasi wanita) dan vasektomi(sterilisasi pria) masih terlampau kecil. Di kelurahan Bandara juga belum memilikidata mengenai pengetahuan akseptor KB tentang kontrasepsi, sehingga belum dapatdiketahui bagaimana pemahaman akseptor KB tentang berbagai jenis kontrasepsi.
Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif observasional, untukmengetahui gambaran pengetahuan tentang kontrasepsi pada akseptor KB yangberada di wilayah Kelurahan Bandara Kecamatan Samarinda Utara. Penelitian inidilaksanakan pada bulan Desember 2008 – Juli 2009. Sampel terdiri dari 90akseptor KB yang berkunjung ke Posyandu yang berada di wilayah KelurahanBandara Kecamatan Samarinda Utara periode Februari 2009 – Maret 2009 danakseptor KB yang terdata oleh kader Sub PPKBD yang masih aktif, yang dipilihsecara accidental sampling. Data dikumpulkan melalui wawancara dengan.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa karakteristik akseptor KB yangberkunjung ke Posyandu yang berada di wilayah Kelurahan Bandara KecamatanSamarinda Utara, berdasarkan kelompok usia paling banyak berada padakelompok usia 25 – 29 tahun (28,9%), tingkat pendidikan yang paling banyakadalah SMP (32,2%), jenis pekerjaan yang paling banyak adalah IRT (Ibu RumahTangga) sebanyak 73,3%, dan berdasarkan riwayat penggunaan kontrasepsi:
kontrasepsi yang sekarang paling banyak digunakan adalah jenis kontrasepsisuntikan (48,9%); sedangkan jenis kontrasepsi yang paling banyak pernahdigunakan sebelum kontrasepsi yang sekarang digunakan adalah kontrasepsisuntikan (36,7%).
Gambaran pengetahuan akseptor KB tentang kontrasepsi, 98,9%mengetahui tentang tujuan kontrasepsi, 100% mengetahui tentang jenis-jeniskontrasepsi, 100% mengetahui tentang cara penggunaan kontrasepsi, 84,4%mengetahui tentang efektifitas kontrasepsi, 93,3% mengetahui tentang keuntungankontrasepsi 93,3% mengetahui tentang kerugian kontrasepsi, 100% mengetahuitentang waktu melakukan kunjungan ulang kontrasepsi, 100% mengetahui tentang
tempat memperoleh alat dan obat kontrasepsi, 88,9% mengetahui tentang efeksamping kontrasepsi, 3,3% mengetahui tentang komplikasi kontrasepsi, 100%mengetahui tentang penanganan komplikasi kontrasepsi, 100% mengetahuitentang kontra indikasi penggunaan kontrasepsi, dan 48,9% mengetahui tentangalternatif penggantian kontrasepsi.
Kata kunci : akseptor KB pengetahuan, , kontrasepsi

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul GAMBARAN PENGETAHUAN AKSEPTOR KB TENTANG KONTRASEPSI DI KELURAHAN BANDARA KECAMATAN SAMARINDA UTARA
Pengarang DESIKA PUJIKIRENI SUKIRWANTO - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2010
Penerbit Fakultas Kedokteran
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua