Detail Cantuman Kembali
YUNI RAHMANIA - Personal Name

PERANAN OPERASI YUSTISI SAMPAH TERHADAP EFEKTIFITAS PENGELOLAAN SAMPAH DI KELURAHAN PELABUHAN KECAMATAN SAMARINDA ILIR

ABSTRAKSI
Yuni Rahmania. Peranan Operasi Yustisi Sampah Terhadap Pengelola Sampah di Kelurahan Pelabuhan Kecamatan Samarinda Ilir. Dibimbing oleh La Sina, S.H., M.Hum sebagai Pembimbing I dan Abdul Kadir Sabaruddin, S.Ag., S.H., M.Hum sebagai Pembimbing II.
Pelaksanaan operasi yustisi sampah telah dijalankan Dinas Kebersihan dan Pertamanan Kota Samarinda secara rutin yaitu 2 kali dalam satu tahun diKelurahan Pelabuhan Kecamatan Samarinda Ilir, tetapi masih ada saja masyarakatyang terjaring operasi yustisi sampah. Hal ini dikarenakan masih banyakmasyarakat yang belum mengetahui mengenai Peraturan Daerah Nomor 19 Tahun2002 tentang Penertiban Sampah dan Kebersihan Lingkungan. Sehingga perludikaji mengenai bagaimana pelaksanaan operasi yustisi sampah dalam rangkapenegakan Peraturan Daerah nomor 19 Tahun 2002 tentang Penertiban Sampahdan Kebersihan Lingkungan serta bagaimana pelaksanaan operasi yustisi sampahterhadap pengelolaan sampah di Kelurahan Pelabuhan Kecamatan Samarinda Ilir.
Hasil penelitian menunjukan bahwa opersi yustisi sampah di KelurahanPelabuhan Kecamatan Samarinda Ilir sudah berjalan dan sanksi hukum sudahberlaku terhadap masyarakat luas yang membuang sampah di waktu yang salah diTempat Penumpukan Sampah (TPS) ataupun masyarakat yang memiliki rumahatau toko di pinggir jalan yang melakukan penumpukan sampah di depan rumahatau toko mereka. Pengelolaan sampah di Kelurahan Pelabuhan KecamatanSamarinda Ilir belum terlaksana, masyarakat tidak tahu begaimana cara mengelolasampah, masyarakat hanya dapat memperlakukan sampahnya dengan baik yaitu,mengemas dan meletakkan sampah di Tempat penumpukan sampah ataumengemas dan meletakkan sampah di depan rumah dan kemudian diangkut olehpetugas lingkungan.
Pelaksanaan Operasi Yutisi Sampah Dalam Rangka Penegakan PeraturanDaerah Nomor 19 Tahun 2002 tentang Penertiban Sampah dan KebersihanLingkungan di Kelurahan Pelabuhan Kecamatan Samarinda Ilir telah telaksanasecara rutin yaitu 2 kali dalam 1 tahun, namun sanksi hukum yang dijatuhkanbelum memberikan efek jera bagi pelanggarnya. Pengelolaan sampah diKelurahan Pelabuhan Kecamatan Samarinda Ilir belum terlaksana secaramaksimal.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PERANAN OPERASI YUSTISI SAMPAH TERHADAP EFEKTIFITAS PENGELOLAAN SAMPAH DI KELURAHAN PELABUHAN KECAMATAN SAMARINDA ILIR
Pengarang YUNI RAHMANIA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2010
Penerbit Fakultas Hukum
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua