Detail Cantuman Kembali
POERWONDO BORNEO SANTOSO - Personal Name

PENGARUH PENGGUNAAN BEBERAPA JENIS MULSA DAN KONSENTRASI PUPUK NUTRIFARM AG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KAILAN (Brassica oleraceae L. var. acephala DC)

ABSTRAK
POERWONDO BORNEO SANTOSO, Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2009. Pengaruh Penggunaan Beberapa Jenis Mulsa danKonsentrasi Pupuk Nutrifarm AG Terhadap Pertumbuhan dan Hasil Tanamankailan (Brassica oleraceae L. var. acephala DC) (Dibawah bimbinganMuhammad Saleh dan Hj. Susylowati)
Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui pengaruh jenis mulsa dan konsentrasi pupuk Nutrifarm AG serta interaksinya terhadap pertumbuhan dan hasil pada tanaman kailan (Brassica oleraceae L. var. acephala DC).
Penelitian dilaksanakan dari bulan Maret hingga Juni 2009 di Kelurahan Sei Keledang, Kecamatan Samarinda Seberang, Kota Samarinda.
Rancangan penelitian yang digunakan adalah Rancangan acak Kelompok dengan faktorial 3 x 4, dengan tiga ulangan. Faktor pertama adalah mulsa dengan tiga taraf yaitu : tanpa mulsa (m), mulsa alang-alang (m), dan mulsa plastik hitam perak (m). Faktor kedua adalah konsentrasi pupuk Nutrifarm AG (k) yang terdiri dari empat taraf yaitu : 0 mL L air (k), 2,5 mL L air (k), 5 mL L air (k) dan 7,5 mL L air (k ).
Hasil penelitian menunjukkan bahwa perlakuan jenis mulsa berpengaruhnyata terhadap semua variabel yang diamati. Hasil segar tertinggi (8,89 Mg ha) padaperlakuan mulsa plastik hitam perak (m). Perlakuan konsentrasi pupuk Nutrifarm AG berbeda nyata terhadap rata-rata tinggi tanaman umur 21 dan 28 hst, rata-rata jumlah daun umur 21 dan 28 hst, rata-rata diameter batang tanaman umur 21 dan 28hst, rata-rata luas daun, rata-rata berat segar pertanaman, dan rata-rata hasil segartanaman. Hasil segar tertinggi pada perlakuan 7,5 mL L air (k). Interaksi antarapenggunaan jenis mulsa dan konsentrasi pupuk Nutrifarm AG memberikan pengaruhyang berbeda tidak nyata terhadap semua variabel pengamatan.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PENGGUNAAN BEBERAPA JENIS MULSA DAN KONSENTRASI PUPUK NUTRIFARM AG TERHADAP PERTUMBUHAN DAN HASIL TANAMAN KAILAN (Brassica oleraceae L. var. acephala DC)
Pengarang POERWONDO BORNEO SANTOSO - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2009
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua