Detail Cantuman Kembali
Mariani - Personal Name

PENGARUH METODE SRI (System of Rice Intensification) TERHADAP PENDAPATAN DAN EFISIENSI USAHATANI PADI (Oryza sativa L.) SAWAH DI DESA KARANG TUNGGAL KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA

ABSTRAK
MARIANI. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2010. Pengaruh Metode SRI (System of Rice Intensification) Terhadap PendapatanDan Efisiensi Usahatani Padi Sawah Metode SRI di Desa Karang Tungggal Kecamatan Tenggarong Seberang (dibawah bimbingan Syarifah Maryam dan Husinsyah).
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pendapatan serta efisiensiusahatani padi sawah metode SRI di Desa Karang Tunggal Kecamatan Tenggarong Seberang.
Penelitian dilaksanakan sejak bulan Mei 2010 sampai dengan bulan Agustus 2010 di Desa Karang Tunggal Kecamatan Tenggarong Seberang. Data yang diperoleh dalam penelitian ini adalah data primer dan data sekunder, sebanyak 7 orang responden diambil sebagai sampel dengan metode sensus.
Analisis data primer dilakukan dengan menggunakan metode analisis regresi linier berganda.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa besarnya pendapatan selama satu periode (enam bulan) yang diperoleh 7 petani padi sawah Metode SRI sebesar Rp 36.796.575,02 mt ¹ dengan rata-rata Rp 5.256.563,58 mt dengan nilai R/C ratio sebesar 3,31 (usahatani menguntungkan). Dari hasil analisis data dapat diperoleh persamaan regresi linier berganda dengan dugaan sebagai berikut: Y = -9,024 + 0,633 X + 0,008 X – 0,033 X -+ 1,296 X Hasil perhitungan uji F menunjukkan bahwa variabel bebas (X ) secara bersama-sama berpengaruh nyata terhadap veriabel tidak bebas (Y), sedangkan hasil uji t menunjukkan tiga varibel (X, X, X¹ responden ) dari keempat variabel bebas (X) tidak berpengaruh nyata, hanya (X) berpengaruh nyata terhadap variabel tidak bebas (Y). Koefisien korelasi (R) sebesar 0,995 menunjukkan bahwa adanya keeratan hubungan antara sarana produksi (X) dengan pendapatan (Y) adalah erat dan positif.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH METODE SRI (System of Rice Intensification) TERHADAP PENDAPATAN DAN EFISIENSI USAHATANI PADI (Oryza sativa L.) SAWAH DI DESA KARANG TUNGGAL KECAMATAN TENGGARONG SEBERANG KABUPATEN KUTAI KARTANEGARA
Pengarang Mariani - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2011
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua