Detail Cantuman Kembali
HERI SANTOSO - Personal Name

PENGARUH PEMBERIAN BOKASHI DAUN LAMTORO (Leucaena laucephala L.) DAN PUPUK FOSFAT TERHADAP UNSUR N DAN P TERSEDIA PADA TANAH ULTISOL DENGAN TANAMAN UJI KEDELAI (Glycine max L. Merril)

ABSTRAK
HERI SANTOSO. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2010. Pengaruh Pemberian Bokashi Daun Lamtoro dan Pupuk Fosfat Terhadap Unsur N dan P Tersedia Pada Tanah Ultisol dengan Tanaman Uji Kedelai (dibawah bimbingan Patmawati dan Desiana)
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pemberian bokashi daun lamtoro dan pupuk fosfat terhadap penambahan kandungan nitrogen dan fosfor pada tanah ultisol serta peningkatan pertumbuhan dan produksi tanaman kedelai .
Penelitian ini dilaksanakan mulai bulan Januari 2009 sampai dengan April 2009, di Kelurahan Timbau, Kecamatan Tenggarong, Kabupaten KutaiKartanegara. Rancangan percobaan yang digunakan adalah rancangan acaklengkap (RAL) faktorial dengan 2 faktor dan masing-masing faktor terdiri dari 3taraf. Faktor pertama adalah bokashi daun lamtoro dan faktor kedua adalah pupukSP-36. Data yang diperoleh dianalisis dengan menggunakan uji statistik yaitu ujiF (sidik ragam) dan apabila terdapat beda nyata akan dilanjutkan dengan uji BNTpada taraf 5%.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa perlakuan pemberian bokashidaun lamtoro dan pupuk fosfat tidak mengubah status N total, namun dapatmeningkatkan unsur P tersedia dengan status yang bervariasi dari sedang hinggatinggi. Pemberian bokashi daun lamtoro berbeda sangat nyata terhadap tinggitanaman umur 4 minggu, 8 minggu dan saat panen, jumlah polong dan beratkering biji. Hasil terbaik terdapat pada perlakuan B(92 gr / polybag). Pemberianpupuk fosfat berbeda nyata terhadap tinggi tanaman umur 8 minggu dan jumlahpolong. Namun tidak berbeda nyata terhadap tinggi tanaman umur 4 minggu, saatpanen dan berat kering biji. Hasil terbaik terdapat pada perlakuan P (0,8 gr / polybag). Interaksi antara bokashi daun lamtoro dan pupuk fosfat sangat berbeda nyata terhadap tinggi tanaman saat panen dan berat kering biji. Namun tidakberbeda nyata terhadap tinggi tanaman umur 4 minggu, 8 minggu dan jumlah polong. Hasil terbaik terdapat pada perlakuan B P ( 92 gr bokashi daun lamtoro dan 0 gr pupuk fosfat / ploybag.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH PEMBERIAN BOKASHI DAUN LAMTORO (Leucaena laucephala L.) DAN PUPUK FOSFAT TERHADAP UNSUR N DAN P TERSEDIA PADA TANAH ULTISOL DENGAN TANAMAN UJI KEDELAI (Glycine max L. Merril)
Pengarang HERI SANTOSO - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2010
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua