Detail Cantuman Kembali
Suci Puji Rahayu - Personal Name

IMPLEMENTASI PELAYANAN STANDAR SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN SELILI KECAMATAN SAMARINDA ILIR KOTA SAMARINDA (Studi Kasus di SD Negeri 014, SD Negeri 017, SD Negeri 028 Samarinda)

RINGKASAN
Suci Puji Rahayu, Implementasi Pelayanan Standar Sarana dan Prasarana Tingkat Sekolah Dasar di Kelurahan Selili kecamatan Samarinda Hilir Kota Samarinda, dibawah Bimbingan Bapak Drs. Djumadi, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak
Drs. H. Syahrani, M.Si selaku pembimbing II.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah implementasi pelayanan standar sarana dan prasarana pendidikan tingkat sekolah dasar di Kelurahan Seliliecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda telah sesuai dengan standar yang telahditentukan dengan mengidentifikasi faktor-faktor pendukung dan penghambatimplementasi pelayanan standar sarana dan prasarana pendidikan. Dengan fokuspenelitian yaitu pelayanan sarana dan prasarana pendidikan secara teknis yaitu:
Pengadaan buku pelajaran, rehabilitasi prasarana sekolah yang meliputi rehabilitasiruang kelas, ruang perpustakaan, tempat ibadah dan ruang serbaguna dan bantuanbantuan sarana pendidikan berupa peralatan praktik sekolah, dan mengidentifikasifaktor-faktor pendukung dan penghambat.
Teknik pengumpulan data dilakukan meliputi observasi, wawancara tidakberstruktur, dokumentasi. Analisis data yang digunakan dalam penulisan ini adalahanalisis komparatif. Sedangkan metode penelitian lebih menekankan pada metodedeskriptif kualitatif.
Dari hasil penelitian pun diketahui bahwa pada SD Negeri 014 memiliki saranaperabot sesuai standar namun dari segi kelengkapan perabot SD Negeri 017 lebihmemiliki kelengkapan perabot yang lebih baik dari pada SD Negeri 014 dan SD Negeri028, sedangkan untuk bangunan sekolah SD Negeri 014 memiliki bangunan lebih sesuaidengan standarisasi sekolah dari pada SD Negeri 017 dan SD 028 Faktor pendukungdalam implementasi pendidikan tingkat sekolah dasar di Kelurahan Selili KecamatanSamarinda Ilir Kota Samarinda ialah adanya partisipasi pemerintah, kemudian adanyakerjasama yang baik dari Dinas terkait dan transparansi kepada wali murid. Sedangkanfaktor yang menjadi penghambat dalam implementasi pelayanan pendidikan tingkatsekolah dasar di Kelurahan selili Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda adalahketerlambatan bantuan sarana dan prasarana pendidikan dan kurangnya komunikasiantara sekolah dan komite sekolah dan wali murid yang kurang mampu sehinggamembuat tingkat kepuasan orang tua murid menjadi rendah.
Dari uraian hasil penelitian dan pembahasan maka disimpulkan bahwa pada SDNegeri 014, SD Negeri 017 dan SD Negeri 028 telah melaksanakan implementasipelayanan namun ada beberapa sarana dan prasarana yang harus dilengkapi, sehinggaPada SD Negeri 014, SD Negeri 017 dan SD Negeri 028 harus melengkapi danmerehabilitasi sarana maupun prasarana yang belum sesuai dengan standar dan lebihmengoptimalkan pelayanan secara teknisnya.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI PELAYANAN STANDAR SARANA DAN PRASARANA PENDIDIKAN TINGKAT SEKOLAH DASAR DI KELURAHAN SELILI KECAMATAN SAMARINDA ILIR KOTA SAMARINDA (Studi Kasus di SD Negeri 014, SD Negeri 017, SD Negeri 028 Samarinda)
Pengarang Suci Puji Rahayu - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2010
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua