Detail Cantuman Kembali
MUSA TIRANDA - Personal Name

PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA MATERI POKOK OPERASI HITUNG ALJABAR DI KELAS VII-D SMP NEGERI 40 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015

ABSTRAK
Tiranda, Musa. 2014. Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa melalui Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD) pada Materi Operasi Hitung Aljabar di KelasVII-D SMP Negeri 40 Samarinda Tahun pembelajaran 2014/2015. Skripsi, Program Studi Pendidikan Matematika FKIP Universitas Mulawarman. Pembimbing:(I)Drs. Muhammad Ugiarto, M.Si, dan (II)Dr. PM. Labulan, M.Pd.
Penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas dengan tujuan untuk meningkatkan hasil belajar matematika siswa kelas VII-D SMP Negeri 40 Samarinda Tahun pembelajaran 2014/2015.
Teknik pengumpulan data dengan dokumen, observasi, tugas, dan tes. Dokumen berupa nilai dasar yaitu nilai ulangan pada materi sebelumnya. Observasi dilaksanakan pada setiap siklus dengan menggunakan lembar pedoman observasi untuk mengamati berlangsungnya proses pembelajaran yang menerapkan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Tugas kelompok berupa lembar kerja siswa dan tugas individu berupa PR. Tugas kelompok diberikan pada setiap pertemuan pada setiap siklus dan PR diberikan pada pertemuan kedua setiap siklus. Masing-masing siklus terdiri tiga kali pertemuan. Pada pertemuan I dan II selama 2 jam pelajaran dilaksanakan kegiatan pembelajaran kooperatif tipe STAD. Pada pertemuan III, selama satu jam digunakan untuk melaksanakan tes akhir siklus.
Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis kualitatif untuk menganalisis data hasil observasi dan teknik analisis kuantitatif untuk menganalisis tugas dan tes yang sesuai dengan indikator peningkatan yang telah ditentukan dengan menggunakan statistik deskriptif berupa rata-rata, dan persentase.
Peningkatan hasil belajar pada tiap siklus sebagai berikut: dari nilai ratarata ulangan mid semester genap yang dijadikan nilai dasar yaitu sebesar 61,86 meningkat menjadi 66,55 pada siklus I dengan kriteria ketuntasan belajar mencapai 34,38% dan persentase peningkatan mencapai 9,38%. Pada siklus II mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pada siklus I 66,55 menjadi 72,63 pada siklus II dengan kriteria ketuntasan belajar mencapai 62,50% dan persentase peningkatan 28,13%. Pada siklus III mengalami peningkatan dari nilai rata-rata pada siklus II 72,63 menjadi 78,82 pada siklus III dengan kriteria ketuntasan belajar mencapai 84,38% dan persentase peningkatan mencapai 21,88%.
Aktivitas guru dan aktivitas siswa pada siklus I dinilai cukup, pada siklus II aktivitas guru dan aktivitas siswa dinilai baik, dan pada siklus III aktivitas guru dinilai sangat baik dan aktivitas siswa dinilai baik.
Berdasarkan hasil penelitian dan pembahasan maka dapat disimpulkan bahwa model pembelajaran kooperatif tipe Student Teams Achievement Divisions (STAD)dapat meningkatkan hasil belajar matematika siswa pada materi pokok operasi hitung aljabar di kelas VII-D SMP Negeri 40 Samarinda Tahun pembelajaran 2014/2015.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENINGKATAN HASIL BELAJAR MATEMATIKA SISWA MELALUI PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE STAD (STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISIONS) PADA MATERI POKOK OPERASI HITUNG ALJABAR DI KELAS VII-D SMP NEGERI 40 SAMARINDA TAHUN PEMBELAJARAN 2014/2015
Pengarang MUSA TIRANDA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua