STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KOTA SAMARINDA DALAM MENSOSIALISASIKAN PELAKSANAAN PILKADA TAHUN 2010
ABSTRAK
Muhammad Zulkifli, 05. 49812. 07261. 02, Strategi Komunikasi Humas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda dalam Mensosialisasikan Pelaksanaan Pilkada Tahun 2010 di Samarinda, di bawah bimbingan Bapak Drs. H. Syahrani, M.Si selaku dosen pembimbing I, dan Bapak Lutfi Wahyudi S.Sos, M.Si selaku pembimbing II, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menidentivikasi bagaimana Strategi Komunikasi Humas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda dalam Mensosialisasikan Pelaksanaan Pilkada Tahun 2010 di Samarinda.
Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan atau melukiskan objek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Denganmenggunakan key informan dan informan sebagai sumber data, data-data yangdisajikan menggunakan data primer data sekunder melalui wawancara, observasi,kuisioner dan dokumentasi laporan, dan referensi yang berkaitan denganpenelitian ini, kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam teknikpenelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan model interaktif dari MatthewB. Miles dan A. Michael Huberman.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda dalam melakukan kegiatan sosialisasi pelaksanaan pilkada tahun 2010, melalui kegiatan komunikasi sebagai sebuah strategi, yangdiantaranya : dengan kegiatan komunikasi tidak langsung (komunikasi bermedia)dan komunikasi langsung atau tatap muka (face to face) dalam penyebaraninformasinya. Pesan komunikasi yang disampaikan melalui media dan kegiatanyang ada, berupa pesan ajakan atau himbauan kepada masyarakat Samarindakhususnya, agar dapat ikut serta mensukseskan pelaksanaan pilkada dengan caramenggunakan hak suara mereka dengan baik dan benar. Penggunaan warna-warnayang kontras atau bercorak terang menjadi hal yang dipertimbangkan, agarmasyarakat tertarik untuk melihat setiap media-media sosialisasi yang dipasang.Faktor pendukung seperti adanya pengalaman dalam penyampaian informasi,penggunaan beberapa saluran media komunikasi, serta terjalinnya hubungan baik dengan beberapa media yang ada di Samarinda khususnya, menjadi faktorpensuksesan dalam membantu setiap tahapan kegiatan sosialisasi yang sedang danakan dilaksanakan dilapangan. Sedangkan faktor penghambat seperti terbatasnyasumberdaya yang ada, menjadikan proses komunikasi yang dijalankan,berbenturan dengan pelaksanaan kegiatan tahapan-tahapan pilkada yang dalamwaktu bersamaan dilaksanakan pula.
Ketersediaan
Detail Information
Judul | STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KOTA SAMARINDA DALAM MENSOSIALISASIKAN PELAKSANAAN PILKADA TAHUN 2010 |
---|---|
Pengarang | MUHAMMAD ZULKIFLI - Personal Name |
No. Panggil | |
Subyek | |
Bahasa | Indonesia |
Tempat Terbit | Universitas Mulawarman |
Tahun Terbit | 2011 |
Penerbit | |
Jurusan | |
Lampiran Berkas | LOADING LIST... |
DIGITAL LIBRARY