Detail Cantuman Kembali
MUHAMMAD ZULKIFLI - Personal Name

STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KOTA SAMARINDA DALAM MENSOSIALISASIKAN PELAKSANAAN PILKADA TAHUN 2010

ABSTRAK
Muhammad Zulkifli, 05. 49812. 07261. 02, Strategi Komunikasi Humas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda dalam Mensosialisasikan Pelaksanaan Pilkada Tahun 2010 di Samarinda, di bawah bimbingan Bapak Drs. H. Syahrani, M.Si selaku dosen pembimbing I, dan Bapak Lutfi Wahyudi S.Sos, M.Si selaku pembimbing II, Program Studi Ilmu Komunikasi, Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, Universitas Mulawarman.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dan menidentivikasi bagaimana Strategi Komunikasi Humas Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda dalam Mensosialisasikan Pelaksanaan Pilkada Tahun 2010 di Samarinda.
Penelitian ini adalah penelitian yang menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu penelitian yang berusaha menggambarkan atau melukiskan objek yang diteliti berdasarkan fakta yang ada di lapangan. Denganmenggunakan key informan dan informan sebagai sumber data, data-data yangdisajikan menggunakan data primer data sekunder melalui wawancara, observasi,kuisioner dan dokumentasi laporan, dan referensi yang berkaitan denganpenelitian ini, kemudian teknik analisis data yang digunakan dalam teknikpenelitian ini adalah analisis data kualitatif dengan model interaktif dari MatthewB. Miles dan A. Michael Huberman.
Hasil dari penelitian ini menunjukkan, bahwa Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kota Samarinda dalam melakukan kegiatan sosialisasi pelaksanaan pilkada tahun 2010, melalui kegiatan komunikasi sebagai sebuah strategi, yangdiantaranya : dengan kegiatan komunikasi tidak langsung (komunikasi bermedia)dan komunikasi langsung atau tatap muka (face to face) dalam penyebaraninformasinya. Pesan komunikasi yang disampaikan melalui media dan kegiatanyang ada, berupa pesan ajakan atau himbauan kepada masyarakat Samarindakhususnya, agar dapat ikut serta mensukseskan pelaksanaan pilkada dengan caramenggunakan hak suara mereka dengan baik dan benar. Penggunaan warna-warnayang kontras atau bercorak terang menjadi hal yang dipertimbangkan, agarmasyarakat tertarik untuk melihat setiap media-media sosialisasi yang dipasang.Faktor pendukung seperti adanya pengalaman dalam penyampaian informasi,penggunaan beberapa saluran media komunikasi, serta terjalinnya hubungan baik dengan beberapa media yang ada di Samarinda khususnya, menjadi faktorpensuksesan dalam membantu setiap tahapan kegiatan sosialisasi yang sedang danakan dilaksanakan dilapangan. Sedangkan faktor penghambat seperti terbatasnyasumberdaya yang ada, menjadikan proses komunikasi yang dijalankan,berbenturan dengan pelaksanaan kegiatan tahapan-tahapan pilkada yang dalamwaktu bersamaan dilaksanakan pula.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul STRATEGI KOMUNIKASI HUMAS KOMISI PEMILIHAN UMUM (KPU) KOTA SAMARINDA DALAM MENSOSIALISASIKAN PELAKSANAAN PILKADA TAHUN 2010
Pengarang MUHAMMAD ZULKIFLI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2011
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPA. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua