Detail Cantuman Kembali
Harry Santoso Abidin - Personal Name

IMPLEMENTASI RELOKASI PEMUKIMAN PENDUDUK BANTARAN SUNGAI KARANG MUMUS DI KELURAHAN SIDOMULYO KECAMATAN SAMARINDA ILIR KOTA SAMARINDA

ABSTRAK
Implementasi relokasi pemukiman penduduk bantaran Sungai Karang Mumus di Kelurahan Sidomulyo Kecamatan Samarinda Ilir Kota Samarinda, dibawah bimbingan Bapak Prof. Dr. H. Masjaya, M.Si selaku pembimbing I dan Bapak Prof. Dr. H. Adam Idris, M.Si selaku pembimbing II.
Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan implementasi relokasi pemukiman penduduk
bantaran Sungai Karang Mumus di Kelurahan Sidomulyo, terutama dalam pelaksanaannya di lapangan. Program relokasi merupakan program Pemerintah Kota Samarinda yang telah berjalan sejak tahun 1998, namun belum juga dapat terselesaikan hingga sekarang, inilah yang menjadi alasan utama penelitian ini dilakukan.
Penelitian ini dilaksanakan di Kelurahan Sidomulyo, Kecamatan Samarinda Ilir, Kota Samarinda. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik purposifsampling melalui observasi, wawancara mendalam, dan dokumentasi. Narasumberyang menjadi responden dalam penelitian ini adalah aparat instansi yang terkaitlangsung dalam pelaksanaan relokasi, instansi kelurahan dan ketua rukun tetangga(RT) kelurahan setempat. Data-data yang dikumpulkan, dibandingkan dandianalisis dengan analisis kualitatif model interaktif.
Temuan dari penelitian ini adalah implementasi relokasi pemukimanpenduduk bantaran Sungai Karang Mumus telah berjalan sesuai dengan tahapanpelaksanaan, namun masih ada beberapa kendala yang menghambat percepatanpelaksanaan relokasi, yaitu masih adanya warga SKM yang menuntut penggantianberlebihan dari jatah yang semestinya; terdapat bangunan tempat ibadah(mushola) yang belum bisa dibongkar; bangunan Pasar Sungai Dama yang sampaisaat ini belum juga dapat dilakukan pembongkaran; di lokasi pemindahan,pemenuhan fasilitas listrik dan air bersih dilakukan secara bertahap, sehingga adabeberapa warga yang telah mendapat rumah penggantian tetapi belum dapatmenikmati fasilitas tersebut; adanya pemukiman liar yang tumbuh di hulu SKM;dan kendala yang paling berpengaruh dalam percepatan relokasi pemukimanpenduduk di bantaran Sungai Karang Mumus adalah faktor alokasi dana dalampelaksanaan kegiatan.
Kata kunci: Sungai Karang Mumus, relokasi, pemukiman, Kelurahan Sidomulyo.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul IMPLEMENTASI RELOKASI PEMUKIMAN PENDUDUK BANTARAN SUNGAI KARANG MUMUS DI KELURAHAN SIDOMULYO KECAMATAN SAMARINDA ILIR KOTA SAMARINDA
Pengarang Harry Santoso Abidin - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2008
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua