Detail Cantuman Kembali
AGUS TRI SANTOSO - Personal Name

OPTIMASI KONSENTRASI ENZIM α-AMILASE DAN LAMA INKUBASI PADA PROSES LIKUIFIKASI PATI SINGKONG GAJAH SEBAGAI TAHAP AWAL PROSES PRODUKSI SIRUP GLUKOSA

ABSTRAK
AGUS TRI SANTOSO. Optimasi Enzim α-Amilase dan Lama Inkubasi Pada Proses Likuifikasi Pati Singkong Gajah Sebagai Tahap Awal Proses Produksi Sirup Glukosa. Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman, 2015. (dibawah bimbingan Bernatal Saragih dan Sukmiyati Agustin).
Singkong gajah merupakan umbi kayu varietas asli Kalimantan Timur. Ubi kayu umumnya dapat diolah menjadi berbagai macam produk pangan, salah satunya adalah sirup glukosa yang diolah secara enzimatis. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui berapa banyak konsentrasi enzim α- amilase dan lama inkubasi yang diperlukan untuk mendapatkan proses likuifikasi terbaik sebagai tahap awal proses produksi sirup glukosa. Penelitian ini telah dilakukan pada bulan Agustus hingga November 2015 di Laboratorium Pengemasan dan Pasca Panen Hasil Pertanian serta Laboratorium Kimia Hasil Pertanian Jurusan Teknologi Hasil Pertanian, Fakultas Pertanian Universitas Mulawarman.
Rancangan percobaan yang digunakan adalah dua faktor dengan menggunakan Rancangan Acak Lengkap (RAL), terdiri dari tiga perlakuan dan tiga ulangan. Perlakuan yang diteliti menggunakan konsentrasi enzim α-amilase dan lama inkubasi dimana masing-masing yaitu : 0,1%, 0,15%, 0,2% dan 30 menit, 60 menit, 90 menit. Data yang diperoleh dianalisis sidik ragam, dan dilanjutkan dengan uji Beda Nyata Terkecil (BNT) pada taraf α 5%.
Penelitian ini menunjukkan bahwa konsentrasi enzim α-amilase dan lama inkubasi berpengaruh nyata terhadap nilai DE, Gula Pereduksi, dan Total Padatan Terlarut, namun tidak berpengaruh terhadap nilai pH. Hasil analisis DE Tertinggi diperoleh 18,23, gula pereduksi 16,14%, dan Total Padatan Terlarut sebesar 25,14 0brix, serta nilai pH 6,77. Titik optimum konsentrasi enzim α-amilase dan lama inkubasi terdapat pada perlakuan (0,2%;30 Menit).
Kata kunci: enzim α-amilase, likuifikasi, pati singkong.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul OPTIMASI KONSENTRASI ENZIM α-AMILASE DAN LAMA INKUBASI PADA PROSES LIKUIFIKASI PATI SINGKONG GAJAH SEBAGAI TAHAP AWAL PROSES PRODUKSI SIRUP GLUKOSA
Pengarang AGUS TRI SANTOSO - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit Fakultas Pertanian
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua