Detail Cantuman Kembali
AMALIA NUR JANNAH - Personal Name

FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN PATIENT SAFETY PADA PERAWAT DI INSTALASI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ISLAM SAMARINDA

ABSTRAK
“Faktor-Faktor Yang Berhubungan Dengan Penerapan Patient Safety Pada Perawat Di Instalasi Rawat Inap Di Rumah Sakit Islam Samarinda” (Pembimbing 1 Dr Iwan Muhammad Ramdan, S.Kp, M.Kes Pembimbing 2 Dina Lusiana S., SKM, M.Kes)
Keselamatan pasien (patient safety) rumah sakit adalah suatu system dimana rumah sakit membuat asuhan pasien lebih aman. Tanggung jawab utama penyedia pelayanan kesehatan adalah menghindari tindakan yang membahayakan pasien dan memanfaatkan keterampilan seseorang untuk secara ideal membuat situasi mereka lebih baik. Peran perawat sangat penting, karena rata-rata perawat setiap harinya 7-8 jam melakukan kontak dengan pasien khususnya di instalasi rawat inap. Banyak faktor yang berhubungan dengan perawat dalam penerapan patient safety yang dapat menyebabkan terjadinya kejadian tidak diinginkan. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui faktor-faktor yang berhubungan dengan penerapan patient safety pada perawat di instalasi rawat inap Rumah Sakit Islam.
Jenis penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan design cross sectional. Populasi penelitian ini adalah semua perawat yang bekerja di bagian instalasi rawat inap Rumah Sakit Islam di ruang Jabal Nur, Musdalifah, Jabal Rahmah, dan Raudah, dengan total sampling sebanyak 60 perawat.
Analisis menggunakan uji univariat dan bivariat dengan uji chi-Square taraf signifikasi 0,05 (5%).
Hasil penelitian menunjukkan ada hubungan pengetahuan perawat (p.value=0,025) dan kerja sama tim (p.value=0,043) penerapan patient safety pada perawat di instalasi rawat inap Rumah Sakit Islam.
Untuk meningkatkan penerapan patient safety pada perawat maka disarankan untuk melakukan peningkatan pengetahuan dan keterampilan kinerja perawat dengan mengadakan upgrading pelatihan secara rutin dan berkesinambungan, meningkatkan komunikasi yang baik antara sesama perawat, tenaga kesehatan lain, maupun kepada pasien dan keluarganya, serta mengembangkan sistem pelaporan yang bermaksud untuk mempermudah pelaporan insiden sebagai evaluasi pelaksanaan patient safety rumah sakit, sehingga bisa diterapkan program pencegahan penanggulangan insiden keselamatan pasien.
Kata kunci : Asuhan Keperawatan, Kerja Sama, Patient Safety, dan Pengetahuan
Kepustakaan : 36 (2006-2016)

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul FAKTOR-FAKTOR YANG BERHUBUNGAN DENGAN PENERAPAN PATIENT SAFETY PADA PERAWAT DI INSTALASI RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT ISLAM SAMARINDA
Pengarang AMALIA NUR JANNAH - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit Fakultas Kesehatan Masyarakat
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua