Detail Cantuman Kembali
VINA MONIKA - Personal Name

PENGARUH STRES DAN LAMA TIDUR TERHADAP FREKUENSI DENYUT NADI ISTIRAHAT MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI ANGKATAN 2014 UNIVERSITAS MULAWARMAN SAMARINDA

Vina Monika. 2015. Pengaruh Stres dan Lama Tidur terhadap Denyut Nadi Istirahat Mahasiswa Pendidikan Biologi Angkatan 2014 Universitas Mulawarman Samarinda. Skripsi, Program Studi Pendidikan Biologi, Jurusan Pedidikan MIPA, FKIP, Universitas Mulawarman. Pembimbing: (1) Drs.H.Jailani, M.Si dan (2) Masitah, S.Pd.M.Pd.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh stres dan lama tidur terhadap denyut nadi istirahat mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2014 Biologi Universitas Mulawarman Samarinda.
Jenis penelitian ini adalah Ex Post Facto, dalam penelitian terdapat dua variabel bebas, yaitu stres (X1) dan lama tidur (X2), dan satu variabel terikat yaitu denyut nadi istirahat (Y). Populasi penelitian adalah seluruh mahasiswa Pendidikan Biologi angkatan 2014 Universitas Mulawarman Samarinda dengan jumlah seluruh 67 mahasiswa. Sampel penelitian terdiri dari seluruh anggota populasi sebanyak 67 mahasiswa yang diambil dengan teknik sampling jenuh. Pengambilan data menggunakan instrumen kuesioner stres dan kuesioner lama tidur, serta pengukuran denyut nadi istirahat.
Analisis data dilakukan dengan menggunakan program SPSS 21. Dari hasil analisis secara deskriptif diketahui bahwa skor rata-rata untuk variabel stres adalah 83,53, skor rata-rata variabel lama tidur adalah 67,17 dan rata-rata denyut nadi istirahat 84,89. Hasil analisis inferensial melalui regresi linier ganda diperoleh persamaan regresi dugaannya adalah Ŷ= 119,950+(-0,902) X1+0,600 X2. Koefisien determinasi (R2) sebesar 0,431 yang berarti kontribusi variabel X1 dan X2 terhadap Y sebesar 43,1%. R2 dari X1 adalah 0,332 ini berarti kontribusi variabel X1 terhadap Y sebesar 33,2%. R2 dari X2 adalah 0,172 ini berarti kontribusi variabel X2 terhadap Y sebesar 17,2%.
Berdasarkan hasil analisis data disimpulkan terdapat pengaruh stres dan lama tidur terhadap denyut nadi istirahat mahaswa Pendidikan Biologi angkatan 2014 Universitas Mulawarman Samarinda.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH STRES DAN LAMA TIDUR TERHADAP FREKUENSI DENYUT NADI ISTIRAHAT MAHASISWA PENDIDIKAN BIOLOGI ANGKATAN 2014 UNIVERSITAS MULAWARMAN SAMARINDA
Pengarang VINA MONIKA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2015
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua