Detail Cantuman Kembali
DEBBE HARDIANA - Personal Name

EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI, KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 BERAU ( KONSEP MOMENTUM DAN IMPULS)

ABSTRAK
Debbe Hardiana, 2014: Efektivitas Penggunaan Kvisoft FlipBook Maker Pada Model Pembelajaran Flipped Classroom Terhadap Motivasi, Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Kelas XI SMA Negeri 7 Berau (Konsep Momentum dan Impuls).
Skripsi, Program Studi Pendidikan Fisika, Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan, Universitas Mulawarman. Dibimbing Oleh Bapak Prof. Dr. Lambang Subagiyo, M.Si sebagai Pembimbing 1 dan Ibu Hj. Muliati Syam, M.Pd sebagai pembimbing 2.
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat motivasi, keaktifan dan hasil belajar siswa setelah pembelajaran menggunakan Kvisoft FlipBook Maker pada model pembelajaran Flipped Classroom dan untuk mengetahui keefektivan pembelajaran menggunakan Kvisoft FlipBook Maker pada model pembelajaran Flipped Classroom pada siswa kelas XI MIPA 1 SMA Negeri 7 Berau. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian eksperimen semu. Populasi dalam penelitian ini adalah seluruh siswa kelas XI MIPA SMA Negeri 7 Berau.
Sedangkan sampel dalam penelitian ini adalah kelas XI MIPA 1 yang terdiri dari 28 siswa, sampel ditentukan secara purposive sampling ,yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu yakni kemampuan individu yang hampir sama (homogen). Dari hasil penelitian yang dilakukan rata- rata motivasi belajar fisika siswa sebesar 3,60 yang mempunyai kategori baik, rata – rata keaktifan siswa sebesar 3,08 yang mempunyai kategori baik serta hasil belajar seluruh siswa sebesar 82,46 yang mempunyai kategori sangat baik dengan rincian 26 siswa tuntas dan 2 siswa yang belum tuntas dari 28 siswa. Penggunaan Kvisoft FlipBook Maker pada model pembelajaran Flipped Classroom dinyatakan efektif dalam pembelajaran fisika, khususnya dalam materi momentum dan impuls.
Hal ini dikarenakan hasil belajar siswa kelas kelas XI MIPA 1 dapat mencapai nilai KKM, yaitu dengan rata – rata nilai keseluruhan siswa sebesar 82,46 dan presentase ketuntasan nya lebih besar dari 70% yaitu sebesar 92,86%.

Kata Kunci : Efektivitas, Kvisoft FlipBook Maker, Model Pembelajaran Flipped Classroom, Motivasi, Keaktifan dan Hasil Belajar.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul EFEKTIVITAS PENGGUNAAN KVISOFT FLIPBOOK MAKER PADA MODEL PEMBELAJARAN FLIPPED CLASSROOM TERHADAP MOTIVASI, KEAKTIFAN DAN HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI SMA NEGERI 7 BERAU ( KONSEP MOMENTUM DAN IMPULS)
Pengarang DEBBE HARDIANA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua