Detail Cantuman Kembali
Ayu Andira - Personal Name

Analisis Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Creative Problem Solving (CPS) Di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 11 Samarinda

ABSTRAK
Ayu Andira : Analisis Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Creative Problem Solving (CPS) Di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 11 Samarinda Tahun Ajaran 2013/2014 (Materi Fluida Statis). Penelitian ini dibawah bimbingan Ibu Hj.
Muliati Syam, S.Pd, M.Pd selaku pembimbing I dan Bapak Dr. Zeni Haryanto, M.Pd selaku pembimbing II.
Model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving (CPS) adalah suatu pembelajaran yang melakukan pemusatan pada pembelajaran dan keterampilan pemecahan masalah, yang diikuti dengan penguatan keterampilan. Ketika dihadapkan dengan suatu pernyataan, siswa dapat melakukan keterampilan memecahkan masalah untuk memilih dan mengembangkan tanggapannya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hasil belajar fisika siswa setelah diterapkan model pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving (CPS)pada materi fluida statis pada siswa kelas XI IPA 2 SMA Negeri 11 Samarinda.
Populasi dalam penelitian ini adalah semua siswa kelas XI IPA di SMA Negeri 11 Samarinda tahun ajaran 2013/2014 dengan sampel kelas XI IPA 2 sebanyak 35 siswa. Penelitian ini menggunakan analisis statistik deskriptif. Penelitian ini dilakukan sebanyak 5 kali pertemuan, dimana setiap pertemuannya dilakukan selama 2 jam pelajaran (2x45 menit) dengan jumlah waktu pembelajaran yang diberikan terhadap siswa adalah 10 jam pelajaran. Data yang diperoleh berasal dari teknik dokumentasi, tes akhir (post-test) dan teknik angket. Berdasarkan analisis data penelitian ditemukan bahwa nilai rata-rata hasil belajar siswa sebesar 78,91 dengan kriteria “baik”, dan hasil tanggapan angket sebesar 3,74 dengan kriteria “baik”. Sehingga disimpulkan pembelajaran kooperatif tipe Creative Problem Solving (CPS) dapat dinyatakan berhasil untuk pembelajaran materi fluida statis.

Kata kunci : Model Pembelajaran Creative Problem Solving (CPS), Hasil Belajar

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul Analisis Hasil Belajar Fisika Siswa Pada Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Creative Problem Solving (CPS) Di Kelas XI IPA 2 SMA Negeri 11 Samarinda
Pengarang Ayu Andira - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua