Detail Cantuman Kembali
SISKA YULIANA - Personal Name

ANALISIS METODE PENCATATAN DAN PENILAIAN PERSEDIAAN PADA CV BINA INSANI MANDIRI DI BALIKPAPAN

RINGKASAN

Siska yuliana, Analisis Metode Pencatatan dan Penilaian Persediaan pada CV Bina Insani Mandiri di Balikpapan, dibawah bimbingan Bapak Yunus Tete Konde, SE, M.Si, Ak selaku Dosen Bimbingan I dan Dr. Irwansyah SE, MM selaku Dosen Bimbingan II.
CV Bina Insani Mandiri merupakan salah satu perusahaan yang bergerakdibidang distributor alat-alat kesehatan. Adapun rumusan masalah adalah Apakah saldo akhir persediaan barang dagangan yang dihitung dengan menggunakan Metode Lifo Perpetual pada CV Bina Insani Mandiri telah sudah sesuai dengan PSAK No.14.
Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pencatatan dan penilaian persediaan akhir yang ada pada CV Bina Insani Mandiri Balikpapan, serta untuk menghitung persediaan alat-alat kesehatan pada CV Bina Insani Mandiri denganmenggunakan metode LIFO.
Adapun alat analisis yang digunakan adalah menggunakan Metode LIFOPerpetual, PSAK No.14 tentang persediaan, dimana hasil yang didapat yaitupersediaan akhir alat-alat kesehatan (5 sampel) pada CV Bina Insani Mandirisebanyak 3214 unit dengan nilai sebesar Rp39,152,500
Berdasarkan penilaian persediaan Metode LIFO Perpetual, maka hipotesisyang dikemukakan diterima, karena metode yang digunakan oleh pihak CV BinaInsani Mandiri tidak sesuai dengan Metode LIFO Perpetual berdasarkan PSAKNo.14 tentang persediaan. Persediaan akhir yang tercantum pada laporan laba rugisebanyak 3214 unit dengan nilai sebesar Rp39,125,600. Hal ini dikarenakanadanya pencatatan yang tidak konsisten terhadap metode yang dipakai pada kartu
persediaan sehingga menyebabkan timbulnya saldo yang tidak sesuai dengankeadaan yang sebenarnya. Oleh karena itu penulis menyarankan pada pihak CVBina Insani Mandiri di Balikpapan agar lebih teratur dalam pencatatan danpenilaian persediaan.



Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul ANALISIS METODE PENCATATAN DAN PENILAIAN PERSEDIAAN PADA CV BINA INSANI MANDIRI DI BALIKPAPAN
Pengarang SISKA YULIANA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2010
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua