Detail Cantuman Kembali
RATNA DYAH DHARMAWIJATI - Personal Name

KOMITMEN DALAM BERPACARAN JARAK JAUH PADA WANITA DEWASA AWAL

INTISARI
Penelitian mengenai komitmen berpacaran jarak jauh bertujuan untuk
mengetahui gambaran komitmen wanita dewasa awal, bagaimana komitmen yang dijalani oleh pasangan pacaran jarak jauh dengan kemungkinan adanya keterbatasan komunikasi, dan terbatasnya kapasitas untuk bertemu dan mungkin akan lebih diliputi oleh konflik dalam kaitan menjalin hubungan dengan pasangannya untuk persiapan tugas perkembangan dewasa awal. Serta bagaimana cara mereka untuk menyelesaikan konflik dan mempertahankan hubungannya. Komitmen sebagai suatu keadaan yang mengarahkan seseorang untuk mempertahankan suatu hubungan yang meliputi orientasi jangka panjang, kedekatan dan keinginan untuk terus bersama-sama melanjutkan hubungan dengan pasangannya. Pada teorinya komitmen dalam hubungan jarak jauh dapat membuat seseorang merasa lebih terikat dengan pasangan, sehingga pasangan tidak dengan mudah mengakhiri hubungan, dan akan terus bersama dalam waktu yang panjang. Selain itu, komitmen juga secara tidak langsung dapat menandakan seberapa besar usaha mereka untuk menjaga hubungan tersebut meski banyak masalah yang mungkin muncul.
Peneliti menggunakan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Peneliti menggunakan teknik purposive sampling, metode pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan observasi dan wawancara mendalam dengan keempat subjek.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa pada keempat subjek mempunyai ketiga aspek komitmen yaitu satisfaction, quality of alternatives, dan investment size. Pada subjek pertama DT, berkomitmen karena adanya kepuasan sudah merasa yakin dengan pasangannya, kemudian mengagumi sosok pacarnya, dan sudah memiliki tabungan bersama pasangannya. Subjek kedua EM, berkomitmen karena dirasa sudah menjalani hubungan yang cukup lama dan merasa nyaman dengan pasangannya, merasa hubungannya saat ini lebih baik dari sebelumnya, dan hubungannya sudah mengorbankan banyak waktu dan usaha. Subjek ketiga RD, bekomitmen karena sudah merasa menemukan yang cocok dan menikmati hubungannya, sangat nyaman dan terbuka dengan pasangannya dibanding orang lain, dan berinvestasi berupa membuka rekening tabungan bersama untuk masa depan mereka. Subjek keempat HT berkomitmen karena merasa puas pasangannya telah menunjukkan keseriusan dengan ingin melamarnya, subjek berinvestasi berupa waktu yaitu qualitytime saat bertemu pasangannya, namun subjek pernah merasa tertarik dan mengagumi orang lain diluar hubungannya.

Kata kunci : komitmen, pacaran jarak jauh, wanita dewasa awal

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul KOMITMEN DALAM BERPACARAN JARAK JAUH PADA WANITA DEWASA AWAL
Pengarang RATNA DYAH DHARMAWIJATI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua