Detail Cantuman Kembali

PENOLAKAN RUSIA TERHADAP DRAFT RESOLUSI DK PBB TENTANG SANKSI TERHADAP SURIAH

ABSTRAK

Yutika Indah Pratiwi Tigang, NIM 1002045225, dengan skripsi berjudul: “Penolakan Rusia Terhadap Draft Resolusi DK PBB Tentang Sanksi Terhadap Suriah”, di bawah bimbingan Ibu Aisyah, S.IP,MA selaku pembimbing I dan Ibu Yuniarti, S.IP, M.SI selaku pembimbing II, Program Studi Hubungan Internasional Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik Universitas Mulawarman, tahun 2016.
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan alasan Penolakan Rusia terhadap draft resolusi Dewan Keamanan PBB tentang sanksi terhadap Suriah. Penulis menerapkan teori pengambilan keputusan dan konsep kepentingan nasional untuk menganalisis alasan penolakan Rusia. Jenis penelitian yang digunakan dalam penyusunan skripsi ini adalah eksplanatif. Teknik pengumpulan data menggunakan telaah pustaka, dengan menggunakan jenis data sekunder. Teknik analisis data yang dipergunakan adalah analisis kualitatif.
Hasil penelitian menunjukan bahwa penolakan Rusia terhadap draft resolusi DK PBB tentang sanksi terhadap Suriah, dilatarbelakangi oleh beberapa faktor. Petama, Suriah merupakan sekutu Rusia di Timur Tengah sejak era perang dingin. Kedua, Rusia merasa telah membuat kesalahan saat abstain ketika resolusi terhadap Libya diterapkan oleh Dewan Keamanan PBB pada Maret 2011. Ketiga, Rusia ingin melindungi kepentingannya di Suriah. Terdapat tiga unsur kepentingan yang ingin dilindungi dan dipertahankan oleh Rusia terhadap Suriah yaitu kepentingan ekonomi, politik, dan pertahanan dan keamanan .

Kata kunci: Rusia, Resolusi Dewan Keamanan PBB, Konflik Suriah

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENOLAKAN RUSIA TERHADAP DRAFT RESOLUSI DK PBB TENTANG SANKSI TERHADAP SURIAH
Pengarang YUTIKA INDAH PRATIWI TIGANG - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2016
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua