Detail Cantuman Kembali

PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TANDUR BERVISI PENDEKATAN SETS TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS XI IPA 4 SMAN 3 SAMARINDA (Materi Mekanika Fluida)

ABSTRAK
Rani Nur Arifah A.F. Pengaruh Strategi Pembelajaran TANDUR Bervisi Pendekatan SETS Terhadap Hasil Belajar kelas XI IPA 4 SMAN 3 Samarinda (Materi Mekanika Fluida). Dibimbing oleh Bapak Drs. Yunus, M.Pd sebagai pembimbing I dan Bapak Drs. Juanda sebagai pembimbing II.
Strategi Pembelajaran TANDUR Bervisi Pendekatan SETS adalah singkatan dari : Tumbuhkan, Alami, Namai, Demonstrasikan, Ulangi, dan Rayakan yang bervisi pada pendekatan Science, Environment, Technology dan Society.
Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 3 Samarinda pada kelas XI IPA 4 dengan jumlah siswa 38 orang. Strategi pembelajaran TANDUR bervisi pendekatan SETS ini merupakan strategi yang pertama kali digunakan di SMAN 3 Samarinda khususnya pada siswa kelas XI IPA 4, yang bertujuan untuk mengetahui pengaruh strategi pembelajaran TANDUR bervisi pendekatan SETS terhadap hasil belajar siswa. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah metode penelitian pre-eksperimental. Penelitian ini menggunakan desain penelitian The One Shot Case Study yaitu sebuah penelitian yang dilaksanakan pada satu kelompok saja tanpa adanya kelompok pembanding dan juga tes awal, untuk mengetahui hasil belajar siswa dilakukan tes akhir pada pertemuan keenam.
Berdasarkan analisis yang telah dilakukan, peneliti mendapatkan nilai rata-rata siswa yaitu 80,13 dan besarnya pengaruhnya adalah 39%

Kata Kunci : TANDUR, hasil belajar

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH STRATEGI PEMBELAJARAN TANDUR BERVISI PENDEKATAN SETS TERHADAP HASIL BELAJAR KELAS XI IPA 4 SMAN 3 SAMARINDA (Materi Mekanika Fluida)
Pengarang RANI NUR ARIFAH AGUS FAJRINA - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2014
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua