Detail Cantuman Kembali
RATIH SUSANTI - Personal Name

PENGARUH INVESTASI TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA MELALUI PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO SEKTOR PERTAMBANGAN DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR

RINGKASAN
Ratih Susanti, 2009, Pengaruh Investasi Terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Melalui PDRB Sektor Pertambangan di Provinsi Kalimantan Timur (dibimbing oleh Drs.Obeth Banni, M. Si dan Irwan Gani, SE, M. Si).
Penelitian dilakukan di Provinsi Kalimantan Timur dengan objek penelitianberupa Investasi terhadap PDRB dan PDRB terhadap Penyerapan Tenaga Kerja sektorPertambangan di Propinsi Kalimantan Timur dan mengetahui apakah Investasi berpengaruh terhadap penyerapan Tenaga Kerja.
Tujuan penelitian ini adalah Untuk mengetahui pengaruh Investasi terhadap PDRB dan pengaruh PDRB terhadap Penyerapan Tenaga Kerja Sektor Pertambangan di propinsi Kalimantan Timur.
Penelitian ini menggunakan data sekunder secara Time Series dari tahun 20002007, untuk menganalisis data tersebut digunakan alat analisis Regresi Linearsederhana, dan di olah dengan program SPSS (Statistical Program For SocialScience)
Hasil penelitian diperoleh persamaan untuk Investasi terhadap PDRB sektorpertambangan sebagai berikut: Y = 294284,841 + 0.007X
Dan untuk persamaan PDRB terhadap penyerapan tenaga kerja sector pertambangan sebagai berikut: Y = 301.438 + 0.001Y
Hasil analisis menunjukkan bahwa pertama, dari pengujian uji t diperoleh angka 3,880 lebih besar dari t 2,571 hal ini menunjukkan keeratan hubungan antara variabel investasi (x) dengan PDRB (Y). Sedangkan untuk persamaan kedua dari pengujian t hitung diperoleh angka 1,307 lebih kecil dari t tabel 2,447 hal ini menunjukkan tidak ada hubungan antara variabel PDRB (Y1) dengan Penyerapan Tenaga Kerja (Y2). Dalam hal ini dianggap 0 (nol) karena hubungan antara PDRB sektor pertambangan di provinsi Kalimantan Timur terhadap penyerapan tenaga kerja sektor pertambangan di provinsi Kalimantan Timur tidak signifikan.
Kedua, dari hasil tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa pengaruh langsung investasi terhadap PDRB sektor pertambangan memiliki pengaruh lebih besar daripada pengaruh investasi terhadap penyerapan tenaga kerja melalui PDRB sector pertambangan di provinsi Kalimantan Timur.

Ketersediaan

LOADING LIST...

Detail Information

Judul PENGARUH INVESTASI TERHADAP PENYERAPAN TENAGA KERJA MELALUI PRODUK DOMESTIK REGIONAL BRUTO SEKTOR PERTAMBANGAN DI PROVINSI KALIMANTAN TIMUR
Pengarang RATIH SUSANTI - Personal Name
No. Panggil
Subyek
Bahasa Indonesia
Tempat Terbit Universitas Mulawarman
Tahun Terbit 2009
Penerbit
Jurusan
Lampiran Berkas
LOADING LIST...

Informasi
DETAIL CANTUMAN
Kembali ke sebelumnya  
UPT. PERPUSTAKAAN UNMUL

DIGITAL LIBRARY


Jl. Kuaro Gunung Kelua